Mereduksi Penggunaan Handphone Saat Pembelajaran Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Behavior Contract

Ariba Seila Dina
Masturi Masturi
Susilo Rahardjo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mendiskripsikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavior contract dalam mereduksi penggunaan handphone saat pembelajaran pada siswa kelas X TKKR 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. 2. Untuk mengurangi perilaku penggunaan handphone setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavior contract dalam mereduksi penggunaan handphone saat pembelajaran pada siswa kelas X TKKR 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian diketahui penggunaan handphone saat pembelajaran peserta didik pada pra siklus memperoleh skor rata-rata 12 dengan kategori sering (SR), sedangkan hasil siklus I memperoleh skor rata-rata 13 dengan kategori kadang-kadang, pada siklus II memperoleh skor rata-rata 17 dengan kategori tidak pernah (TP).

Teks Lengkap:

163-173

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

-------------, 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

-------------, 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur, 2010. Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Backer, Elisa. 2010. “Using Smartphone and Facebook in A Major Assessment: The Student Experience”, E-Journal. Australia: Universitas of Ballarat.

Dewi, Dianita Candra. 2011. Pengaruh Handphone Terhadap Pelajar SMA Sewon. [online], (http://deeanitachachandewi.blogspot.com/2012/05/karya-tulis-ilmiah-remaja.html). Diakses pada tanggal 27 November 2018.

Erford, Bradley T. 2016. 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauzan, Lutfi. 2009. Memberdayakan Behavior Contract untuk Melesatkan Perkembangan Pribadi. [online], (http://lutfifauzan.wordpress.com//kontrak-kontrakperilaku). Diakses pada tanggal 18 Oktober 2018.

Helmia, Syifa. 2015. Tips Menjadi Pengguna Handphone Yang Bijak. [online], (http://www.isigood.com/2015/08/29/tips-menjadi-pengguna-smartphone-yang-bijak/). Diakses pada tanggal 29 Oktober 2018.

Hidayat, Mochamad Syarif. 2018. Laporan Survei “Penggunaan Handphone”. [online],(https://www.slideshare.net/imumuchtar/jurnal-2-survei-penggunaan-handphone). Diakses pada tanggal 28 November 2018.

Jalil. 2017. Perilaku Siswa Pengguna Handphone di SMP Negeri Satu Atap Waangu Angu Kabupaten Buton. [online],(http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:x0GWGrPSiMoJ:ejournal.iainkendari.ac.id/shaututtarbiyah/article/download/634/589+&cd=8&hl=id&ct=clnk&gl=id). Diakses pada tanggal 28 November 2018.

Kogoya, Dekinus. 2015. Dampak Penggunaan Handphone Pada Masyarakat Studi Pada Masyarakat Desa Piungun Kecamatan Gamelia Kabupaten Lanny Jaya Papua. Acta Diurna, 4 (4), 6.

Komalasari, Gantina., Eka Wahyuni., Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.

Latipun. 2010. Teori dan Teknik Konseling. Malang: UMM Press.

---------. 2015. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Mansur, Agus. (2018). Cara Bijak Menggunakan Smartphone. [online], (http://www.neraca.co.id/article/95935/cara-bijak-menggunakan-smartphone). Diakses pada tanggal 05 Desember 2018.

Mujursejathi. 2011. Teknik-teknik Behavior Konseling. [online], (http://id.shvoong.com/socialsciences/education/2173602-teknik-teknik-behaviour-konseling/#ixzz1dq59YamI). Diakses pada tanggal 5 Juli 2019.

Munandir. 2001. Ensiklopedia Pendidikan. Malang: UM Press.

Ningsih, Resmita Widya., Elni Yakub., Raja Erlizon. (2016). Profile of Positive and Negative Usage on Class X Students in SMA Negeri 12 Pekanbaru. [online],(https://media.neliti.com/media/publications/200908-profil-dampak-positif-dan-negatif-penggu.pdf). Diakses pada tanggal 05 Desember 2018.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2005. Strategi Layanan Bimbingan & Konseling. Bandung. PT. Refika Aditama.

Nursalim, Mochamad & Suradi. 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Purnamasari, Lilis Ratna. 2012. Teknik-Teknik Konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rahardjo, Susilo. 2004. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Rahardjo, Sulilo & Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Entrepise.

-----------. 2013. Pemahaman Individu: Teknik Nontes. Jakarta: Prenadamedia Group.

-----------. 2016. Pemahaman Individu: Teknik Nontes. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rahmat. 2013. Statistika Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Reza, Maurus. 2016. Penggunaan Handphone Saat Jam Sekolah. [online], (https://www.kompasiana.com/maurus94/582d056ab37a61ff0872872a/penggunaan-handphone-saat-jam-sekolah). Diakses pada tanggal 5 November 2018.

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: UM.

Rusmana, Nandang. 2009. Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah (Metode, Teknik dan Aplikasi). Bandung: Rizqi Press.

Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Satrianawati. 2017. Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Aktifitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 4 (1), 60-61.

Sofa, Ummaya. 2017. Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Yang Kurang Perhatian Orangtua. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Saputra, Ghufron Eka Adi. 2017. Pengaruh Penggunaan Smarphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMA MUHAMMADIYAH 7 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

-----------. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.

Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing (Bimbingan dan Konseling) Dilengkapi Contoh Proposal dan Laporan PTK-BK. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Tadjri, Imam. 2014. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Semarang: CV. Swada Manungal.

Tohirin. 2011. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahyuni, Septi. 2016. Peningkatan Kedisiplinan Siswa melalui Teknik Kontrak Perilaku (Behavior Contract) Di TK ABA Pakis. Jurnal Pendidik Anak Usia Dini, 3 (5), 8.

Walgito, Bimo. 2005. Bimbingan dan Konseling (Studi & Karir). Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Widiasworo, Erwin. 2017. Masalah-Masalah Peserta Didik Dalam Kelas dan Solusinya Cermat dan Tepat Mengatasi Problematika Pembelajaran. Bandung: Araska.

Widiyastuti, Tri., Muhammad Japar., Sugiyadi. 2015. Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavior Contract Terhadap Penurunan Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 7 (1), 5.

Wiguna, Fajar. 2015. Manfaat Handphone. [online], (http://fajarwiguna51.blogspot.com/2015/02/kegunaanfungsimanfaatdan-kerugian.html). Diakses pada tanggal 9 November 2018.

Winarsunu, Tulus. 2009. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.

Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Self Resilience Pada Konselor: Konstruksi Konselor Tahan Uji Sebagai Pribadi Efektif Dalam Melayani Konseli. G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1).

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).

Zamroni, E., Sugiharto, D. Y. P., & Tadjri, I. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat keputusan Karir Pada program Peminatan Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.4509

Article Metrics

Abstract views : 477| 163-173 views : 332

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: