Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA Standar Kompetensi Dasar Getaran dan Gelombang Serta Parameter-Parameternya Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa

Endang Suhartatik

Abstract


Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA SKD getaran dan gelombang serta parameter-parameternya melalui pembelajaran kooperatif pada siswa kelas VIII A Semester II, SMP Negeri 5 Ungaran tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 dan mengambil tempat di kelas VIII A SMP Negeri 5 Ungaran, Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang dengan subyek seluruh siswa kelas VIII A tersebut yaitu 32 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan tindakan sebanyak dua kali dalam dua siklus teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan test. Alat pengumpuklan data berupa dokumen daftar nilai, lembar observasi dan butir soal. Validasi menggunakan triangulasi sumber atau kolaborasi dan kisi-kisi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif  komparatif  yang dilanjutkan refleksi. Hasil penelitian setelah dilakukan dua kali tindakan dalam dua siklus menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang diperoleh dari kondisi awal sebelum dilaksanakan penelitian sebesar 63,8 meningkat pada siklus I nilai rata-rata ulangan harian menjadi 64,8 dan hasil ulangan harian pada siklus II nilai rata-rata menjadi 71,4

Teks Lengkap:

174-178

Referensi


Hidayah, Ari Irnawati. 2008. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Dalam Mata Pelajaran Geografi Pada Kompetensi Dasar Kemampuan Menerapkan Sig Dalam Kajian Geografi Di SMA Muhammadiyah 2 Gemolong Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Lestari, Vika Dian. 2012. Peningkatan Kompetensi Membuat Macam-macam Pola Rok Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMK N 6 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Maghfiroh, Besty. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Tutor Sebaya Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Ngaglik Bandulan Sleman Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung:Rosdakarya.

Pranata, Angga. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Konsep Cahaya (Quasi Eksperimen di SDN Cirendeu III, Tangerang Selatan). Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rini, Sulistyo Dewi Wahyu. 2010. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe JigsawUntuk Meningkatkan Hasil Belajar (Pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan I Mahasiswa D 3 Kebidanan Stikes Bhakti Mulia Pare Kediri). Tesis. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Suwardi, Pipit. 2015. Pengelolaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students Teams-Achievements Divisions) Pada Kelas VI SD Negeri 01 Tanjungsari Kabupaten Pemalang. Tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wardoyo, Sigit Mangun. 2007. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Pada Pelajaran Bahasa Jawa Penelitian Tindakan Kelas Di SMP Negeri 2 Kejobong. Tesis. Universitas Sebelas Maret Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.4510

Article Metrics

Abstract views : 208| 174-178 views : 169

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: