Penerapan Teknik Desentisasi Sistematis Melalui Penguatan Spiritual (Istighosah Akbar) Dalam Mengurangi Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional

Abdul Rozak

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menitik beratkan pada data lapangan. Metode penelitian kualitatif sering disebut juga metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (Natural Setting). Data yang akan diteliti bukan berupa angka-angka, akan tetapi data berupa keadaan lapangan dalam bentuk (1) Observasi, penulis secara langsung mengamati aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran dilaksanakan. (2) Interview, untuk mengetahui tanggapan siswa dan kolaborator. (3) Dokumentasi, untuk mengumpulkan data pendukung penelitian bersifat documenter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan teknik desentisasi sistematis melalui penguatan spiritual (istighotsahakbar) ini dilatar belakangi oleh perasaan cemas siswakelas XII yang akan menghadapi ujian nasional. Yang mana memberikan penguatan spiritual keagamaan agar mampu menguatkan kepercayaan dan motivasi siswa ketika akan menghadapi ujian nasional. (2) Penerapan teknik desentisasi sistematis melalui penguatan spiritual ini dalam mengurangi kecemasan menghadapi ujian nasional, dilaksanakan sebelum siswa kelas XII menghadapi ujiannasional yang mana mempunyai tujuan untuk mengurangi rasa cemas saat akan menghadapi ujian. Dengan pemberian nasehat dan respon positif terhadap siswa yang akan menghadapi ujian nasional dan memberikan penguatan spiritual melalui istighotsah dengan memberikan bacaan-bacaan istighotsah yang dibaca berulang-ulang. (3) Kelebihan dang kekurangan dari penerapan teknik desentisasi sistematis melalui penguatan spiritual (istighotsah akbar) dari keduanya walaupun berbeda namun saling menutupi. Karena untuk kelebihannya mampu memberikan motivasi siswa yang mengalami kecemasan sehingga perasaan negative siswa terhadap ujian nasional mampu teratasi.

Teks Lengkap:

192-197

Referensi


Bararah,V.F. (2011). Penyebab Tubuh Bisa Gemetar. (online). Tersedia di:http://carahidup.um.ac.id/2010/03/penyebab-tubuh-bisagemetar/.

Corey, Gerald (b). (2007). Teori dan Praktek Konseling danPsikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Griez Eric,J.L, Faravelly. C, Nutt David,& Johar Joseph.(2001). Anxiety Disorder an Introduction to Clinical Managementand Research. New York

Kaplan, H.I & Sadock, B.J.(1997). Comprehensive GroupPsychotherapy. Baltimore : The William Wikins Co.

Mc.Donald,Angus S.(2001). The Prevalence and Effects of TestAnxietyin School Children. Journal Educational Psychology, Vol.21 Issue 1, p89-101, 13p.

Poerwadarmita, W.J.S.(1986). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Kepala Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa dan Kebudayaan.

Sudjana,M.A. (1996). Metode Statistik. Bandung : Tarsito.

Yusuf, Syamsu,L.N.(2006). Psikologi Perkembangan Anak danRemaja. Bandung : Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.4520

Article Metrics

Abstract views : 317| 192-197 views : 364

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: