Bimbingan Kelompok Teknik Role playing Untuk Mengatasi Dampak Negative Bulliying Terhadap Emosi Siswa

Lia Anggun Ristiyana
Arista Kiswantoro
Richma Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untukmendeskripsikan tindakan penelitian dalam pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengatasi dampak dari perilaku bullying. 2)Untuk mengetahui peran pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik role playing untuk mengatasi dampak negative bullying terhadap emosi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling. Dengan kata lain penerapan penelitian tindakan di dalam kelas diharapkan mampu mendorong guru untuk mempunyai kesadaran diri melakukan refleksi diri atau kritik diri terhadap aktivitas pembelajaran yang diselenggarakan. Berdasarkan hasil penelitian ketrampilan peneliti dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing Pada siklus I pertemuan I mendapat skor 52 dalam kategori cukup. Siklus I pertemuan II mendapat skor 61 dalam kategori cukup. Siklus I pertemuan III mendapatkan skor 70 dalam kategori baik. Pada siklus II pertemuan I mendapatkan skor 79 dalam kategori baik. Siklus II pertemuan II mendapatkanskor 83 dalamkategoribaik.Siklus II pertemuan III mendapatkan skor 93 dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian mengatasi dampak bullying melalui bimbingan kelompok dengan teknik role playing menunjukkan hasil pada pra siklus memperoleh rata – rata skor 17,75 dengan kategori sangat kurang, siklus I siswa 26,25dalam kategori cukup, yang artinya siswa dalam mengikuti bimbingan kelompok sudah cukup baik. Pada siklus II siswa memperoleh skor 38,2 dalam kategori baik, yang artinya siswa sudah mampu mengikuti bimbingan kelompok dengan baik.

Keywords


Bimbingan Kelompok, Role Playing, Dampak Negatif Bullying

Teks Lengkap:

1-9

Referensi


Astuti, Ponny R. 2008. Meredam Bullying. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Chadijah dan Agustin. 2012. Bimbingan Kelompok Teknik Role playing Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Disekolah Kelas VII SMPN 26 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Vol.3. No.136-138. Diunduh pada tanggal 14 Mei 2019

Dampak-bullying-bagi-siswa.com[online] https://www.sudahdong.com/dampak- bullying-bagi-siswa/ diakses 20 Mei 2019

Handasari, Yayu 2013 Makalah Role playing. [Online] http;//yayuhandayasari92.blogspot.co.id/2013/05/makalah-role- playing.html, diakses 3 januari 2019)

Humaedi, Dkk. 2017. Factor Yang Mempengaruhiremaja Dalam Melakukan Bulliying. Vol.4. No.2. Issn.2442-448x. Diunduh Pada Tanggal 29 April 2019

Juntika, Achmad. 2011. Bimbingan Dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama

Mappiare, Andi. 2011. Pengantar Konseling Dan Psikoterapi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marselina, Yesi. 2018. Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Interaksi Social Pada Siswa Kelas VII MTS Mathalaul Anwar. Bandar Lampung. Skripsi: Lampung: Jurusan Bimbingan Dan Konseling Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas

Islam Negeri Raden Intan Lampung. Diunduh Pada Tanggal 14 Mei 2019.

Mar’at, Samsunuwiyati. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Pengertian, ciri, jenis, serta dampak bullying.com [online] https://doktersehat.com/bullying/ diakses 20 Mei 2019

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2012. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Universitas Muria Kudus

Siswanto. 2007. Kesehatan Mental Konsep Cakupan dan Perkembangannya. Yogyakarta: Andi Offset.

Tahap pelaksanaan bimbingan kelompok-belajar psikologi.com [online] https://belajarpsikologi.com/tahap-pelaksanaan-bimbingan-kelompok diakses 4 januari 2019

Wiyani, Novan A. 2014. Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Yustinus. 2017. Psikologi Pertumbuhan. Yogyakarta: PT Kanisius.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5150

Article Metrics

Abstract views : 563| 1-9 views : 671

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: