Meningkatkan Kematangan Pemilihan Karir Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving

Elfa Safitri
Arista Kiswantoro
Edris Zamroni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan pelaksanaan Bimbingan Kelompok dengan teknik Problem Solving untuk meningkatkan kematangan pemilihan karir, 2. Mendiskripsikan peningkatan kematangan pemilihan karir melalui Bimbingan Kelompok dengan teknik Problem Solving siswa kelas XII SMA PGRI 1 Pati tahun pelajaran 2018/2019. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XII, sebanyak 9 siswa yang mempunyai kematangan pemilihan karir yang belum matang. Analisis data diperoleh dari data kualitatif yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian pra siklus dengan meningkatkan kematangan pemilihan karir siswa diperoleh persentase 59% masuk dalam kategori kurang. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving siklus I dengan memperoleh persentase 81% masuk dalam kategori baik dan mengalami peningkatan sebesar 22% dari pra siklus. Siklus II memperoleh persentase 87% dengan kategori sangat baik dan mengalami peningkatan sebesar 6%. Berdasarkan hasil siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan kematangan pemilihan karir siswa kelas XII SMA PGRI 1 Pati tahun pelajaran 2018/2019.

Keywords


Kematangan Pemilihan Karir Bimbingan Kelompok Problem Solving

Teks Lengkap:

10-18

Referensi


Aji, R. 2009. Hubungan Antara Locus Of Control Internal Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XII SMK N 4 Purworejo. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Ali, Mohammad & Mohammad Asrori. 2005. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Amby, Riny. 2016. Pengembangan Karir Untuk Mencapai Kesuksesan dan Kepuasan.[rinyamby.blogspot.com/2016/04/pengembangan-karir-untuk-mencapai.html?m=1] (3 November 2018).

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

------------. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Dewa, Komang Tantra. 2005. Konsep Dasar dan Karakteristik PTK. Dirjen Dikti Depdiknas: Denpasar.

Dhajiri, Ahmad Kosasih. 1985. Strategi Pengajaran Afektif-Nilai-Moral_VCT dan Permainan Dalam VTC. Bandung: Jurusan PMKN IKIP.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, E. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hadi, Syamsul. 2011. Pengaruh Bimbingan Karir Terhadap Kemandirian Siswa Dalam Memilih Karir Pada Siswa Kelas XI AV SMK Wisudha Karya Kudus. Skipsi. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Leksana, Dinar Mahdalena, dkk. 2013. Pengembangan Modul Bimbingan Karir Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. ISSN 2252-6889. Jurnal Bimbingan dan Konseling 2U. (10 November 2018)

Mardiyati, B. D. dan Yuniawati, R. 2015. Perbedaan Adaptabilitas Karir Ditinjau Dari Jenis Sekolah (SMA dan SMK). Jurnal Vakultas Psikologi (online), 3(1). 34-35.

Munandir. 1996. Program Bimbingan Karir Di Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Prayitno, Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan & Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

----------. 2012. Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung Layanan. Padang: Universitas Negeri Padang.

----------. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan & Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2004. Bahan Ajar Bimbingan Kelompok. Kudus: Universitas Muria Kudus.

-------------. 2006. Pemahaman Individu 1. Kudus: FKIP BK UMK (Bahan Kuliah).

------------. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise.

------------. 2013. Pemahaman Individu Teknik Nontes. Kencana: Prenadamedia Group.

Riady, Muhammad Antos. 2014. Etheses.uin-malang.ac.id (diakses 13 Desember 2018).

Romlah, Tatiek. 2001. Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

---------------. 2006. Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Santi, dkk. 2014. Penerapan Konseling Karir Trait Dan Factor Dengan Menggunakan Teknik Modeling Untuk Mengembangkan Rencana Pilihan Karir Siswa Kelas X TPM 1 SMK Negeri 3 Singaraja. E-journal Undika Jurusan Bimbingan Konseling (Vol: 2 No. 1. 2014).p. 2

Silfiyah, Siti. 2018. Upaya Meningkatkan Kematangan Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Life Skill Pada Siswa Kelas X MA Manzilul Ulum Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

----------. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

----------. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.

Suherman, Uman. 2009. Konseling Karir Sepanjang Rentang Kehidupan. Bandung: UPI.

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bk Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, Mochammad Nursalim. 2002. Layanan Bimbingan Dan Konseling. Unesa University Press.

Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Supriatna, Mamat & Nandang Budiman. 2009. Bimbingan Karir DI SMK. Bandung: UPI Press.

Tohirin. 2011. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Rajagratindo Persada.

Toyibin. 2013. Blog Wong Matematika: Arah Pilih Karir. [online], (http://paktoyibin.blogspot.com/2013/11/arah-palih-karir.html, diakses tanggal 3 November 2018).

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologis Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Winarsunu, Tulus. 2010. Statistik Dalam Penelitian Psikologi & Pendidikan. Malang: UMM Press.

Winkel, W.S. dan Siti Hastuti. 2006. Bimbingan Dn Konseling Di Instusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

-------------. 2010. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5151

Article Metrics

Abstract views : 1838| 10-18 views : 3905

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: