Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Teknik Assertif Trainning Untuk Mengatasi Self-Esteem Rendah

Erina Gita Lestari
Masturi Masturi
Indah Lestari

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah 1. Untuk menemukan faktor-faktor yang menyebabkan Self-esteem rendah pada siswa SMK PGRI 1 Mejobo Kudus, 2. Untuk teratasinya Self-Esteem rendah melalui pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy teknik Assertif Training pada siswa SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMK PGRI 1 Mejobo Kudus yang memiliki Self-esteem (harga diri) rendah sebanyak dua siswa (J dan SA). Dalam penelitian ini analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan hasil dari mengumpulkan data oleh peneliti yaitu pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan kunjungan rumah secara mendalam sehingga nantinya mendapatkan data yang akurat terhadap permasalahan yang diteliti yaitu permasalahan tentang Self-esteem rendah. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis penelitian menunjukkan penyebab J dan SA memiliki Self-Esteem rendah disebabkan konseli J mengembangkan pemikiran yang negatif terhadap dirinya sendiri yang merasa lemah karena menjadi bahan bullyan oleh teman-temannya. Konseli SA mengembangkan pemikiran negatif terhadap teman-temannya, merasa minder karena dia berasal dari keluarga yang kurang mampu, sedangkan teman-temannya dari keluarga yang mampu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) teknik Assertif Trainning. Dari hasil konseling kedua siswa tersebut, mereka dapat meningkatkan Self-Esteem dalam kehidupannya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa tingkat keberhasilan teknik Assertif Trainning efektif digunakan untuk mengatasi Self-Esteem rendah pada siswa, sehingga siswa berkembang secara optimal. Hal ini dibuktikan adanya perubahan pola pikir maupun perasaan dan perilaku konseli. Konseli mampu meningkatkan Self-Esteem, selain itu terjadi perubahan pola pikir negatif menjadi positif dan perilaku siswa.

Keywords


Rational Emotive Behaviour Therapy Asertif Training Self Esteem

Teks Lengkap:

19-28

Referensi


Amin, Zakki Nurul. 2017. Portofolio Teknik-Teknik Konseling (teori dan contoh aplikasi penerapan). Semarang: Badan Penerbit Universitas Negeri Semarang

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Dariuszky, G. 2004. Membangun Harga Diri. Bandung: Pionir Jaya.

Erford, Bradley T. 2016. 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor: Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauzan, Lutfi. 2007. Assertif Training: Pengembangan Pribadi Assertif dan Transaksi Sosial. Depdiknas. UPT BK UM.

Gunarsa, Singgih D. Psikologi Remaja. 2007. Jakarta: Gunung Mulia.

Hartono, 2011. Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hartono, 2012. Psikologi Konseling: Edisi Revisi. Surabaya: Kencana.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Heriyanto, Agus dkk. Jurnal Paedagogie Volume V Nomor 2. Desember 2017 Hlm 94-101. Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Mengatasi Rendah Diri Santriwati.

Komalasari, Gantina, Wahyuni, Eka dan Karsih. 2016. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks

Komalasari, Gantina, Wahyuni, Eka dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.

Margono, S. 2007. Metologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Muhammad Ikbal, Nurjanah. Jurnal Bimbingan dan Konseling 03 (1). Mei 2016. Hlm: 33-46. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung dengan Judul “Meningkatkan Self-Esteem Dengan Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Muhammadiyah Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016”

Nurihsan, Ahmad Juntika. 2009. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.

Palmer, Stephen. 2010. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2012. Pemahaman Individu: Teknik Non Tes Edisi Revisi. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Simbolon, Sastra Harmy Yunita. 2008. Hubungan Harga Diri Dengan Assertifitas Pada Remaja. Medan: Badan Penerbit USU.

Santrock, John W. 2003. Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika.

Sayekti. 2010. Berbagai Pendekatan Dalam Konseling. Surakarta: Badan Penerbit Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Schiraldi, G. R. 2007. 10 Simple Solutions For Building Self Esteem. New Harbinger Publications Inc. USA.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Suhendri, dan Dini Rakhmawati. 2018. Pendekatan Konseling. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sunardi. 2010. Latihan Assertif. Bandung: Badan Penerbit FIP UPI.

Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tri Jayanti. Indonesian Journal of Guidance and Counseling. Agustus 2012. Universitas Negeri Semarang dengan Judul “Mengurangi Perilaku Siswa Tidak Tegas Melalui Pendekatan REBT dengan teknik Assrtif Trainning”

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2012. Pengantar Statistika (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5152

Article Metrics

Abstract views : 951| 19-28 views : 1001

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: