Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Dalam Bergaul Dengan Teman Sebaya
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPS - 3 SMA Negeri 1 Mejobo Kudus, sebanyak 8 siswa yang mempunyai kecerdasan emosi dalam bergaul dengan teman sebaya rendah. Variabel penelitian yang digunakan dua variabel yaitu: variabel bebas (X) adalah layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama, variabel terikat (Y) adalah Meningkatkan kecerdasan emosional siswa dalam bergaul dengan teman sebaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kulitatif deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah kondisi dari 8 siswa yang mempunyai kecerdasan emosional siswa dalam bergaul dengan teman sebaya rendah pada pra siklus memperoleh jumlah rata-rata skor 48 dengan dalam kategori sangat kurang. Pada akhir siklus I jumlah skor kecerdasan emosional siswa dalam bergaul dengan teman sebaya yaitu 72 dalam kategori kurang dan akhir kegiatan siklus II jumlah kondisi kecerdasan emosional siswa dalam bergaul dengan teman sebaya dari 8 siswa kelas XI IPS-3 SMAN 1 Mejobo Kudus adalah 100 dalam kategori sangat baik. Selain itu juga dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang telah dibuat oleh peneliti pada bab II yang berbunyi “ Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama Dapat Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI IPS-3 SMAN 1 Mejobo Kudus Dalam Bergaul Dengan Teman Sebaya”, dinyatakan diterima.
Keywords
Teks Lengkap:
29-36Referensi
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek.). Jakarta: Rineka Cipta
Budi Ratnawati, Resa. 2016. Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Dalam Bergaul dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015: Universitas Muria Kudus.
Casmini. 2007. Emotional Parenting. Yogyakarta: Nuansa Aksara.
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Goleman, Daniel. 2001. Kecerdasan EmosiUntuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Emotional Intellegence. Alih bahasa: T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Emotional Intellegence. Alih bahasa: T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Haryanto. http://belajar psikologi.com/tahap-pelaksanaan-bimbingan-kelompok.
J: L Moreno. http://Fatimahnoor.bogspot.com/2013/06/psikodrama.html).
Ika Ayu Shinta Ria Raharja. 2015.Hubungan Pergaulan Teman Sebaya Dengan Kecerdasan Emosi Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Gantiwarno Klaten.
Lusi Nuryanti. 2008. Psikologi Anak. Jakarta: Indeks.
Prayitno & Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Prayitno. 2004. Seri L.6 Layanan Bimbingan Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.
Priyanggodo, Galih. 2017.Meningkatkan Kecerdasan Emosi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Play Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Bancak Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Romlah, Tatik. 2006. Teori & Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Santrock.J.W. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Slamet Santosa. 2006. Dinamika Kelmpok. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi., Dewa Ketut.2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.s
Sukardi:2008:http//belajar psikologi.com/tahap-pelaksanaan-Bimbingan-Kelompok
Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Paramita.
Umar Tirtaraharja & La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Yusuf, Syamsu & A. Juntika Nurihsan. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.
Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5153
Article Metrics


Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: