Bimbingan Kelompok Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri

Julia Wijayanti
Sumarwiyah Sumarwiyah
Sucipto Sucipto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan penerimaan diri anak Panti Asuhan Nurul Jannah, 2. Memperoleh peningkatan penerimaan diri anak Panti Asuhan Nurul Jannah melalui bimbingan kelompok teknik self management. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling dengan menggunakan dua siklus. Simpulan hasil penelitian ini adalah Terjadinya peningkatan pada penerimaan diri setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik self management mengalamai peningkatan dalam setiap pertemuan. Pada pra siklus diperoleh rata-rata 24 (48%) termasuk dalam kategori sangat kurang. Pada siklus I hasil observasi pertemuan pertama memperoleh hasil 54% dengan kategori cukup, pertemuan kedua memperoleh hasil 56% dengan kategori cukup, pertemuan ketiga memperoleh hasil 58% dengan kategori cukup. Pada observasi siklus II pertemuan pertama memperoleh hasil 68% dengan kategori baik, pertemuan kedua memperoleh hasil 72% dengan kategori baik, dan pertemuan ketiga memperoleh hasil 84% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, terjadi peningkatan sebesar 36% dari tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian dalam menerapkan bimbingan kelompok teknik self management yang telah dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan penerimaan diri anak panti asuhan Pada siklus I pertemuan ketiga memperoleh hasil 71% dengan kategori baik, dan siklus II pertemuan ketiga memperoleh hasil 93% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, terjadi peningkatan sebesar 34% dari tahap siklus I, dan siklus II. Dengan demikian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management dapat Meningkatkan Penerimaan Diri Anak Panti Asuhan Nurul Jannah.


Keywords


Bimbingan Kelompok Slef Management Penerimaan Diri

Teks Lengkap:

37-44

Referensi


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2006. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaplin, J.P. 2003. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono, dan Boy Soedarmadji. 2012. Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hurlock, Elizabeth B. 2006. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.Jakarta: Erlangga.

Heriyadi, Akbar. 2013. Meningkatkan Penerimaan Diri (Self Acceptance) Siswa Kelas VII Melalui Konseling Realita di SMP Negeri 1 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Semarang.

Komalasari, Gantina. Eka Wahyuni. Dan Karsih. 2014. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.

Kurniawan, Dydik, dan Masnurrima Heriansyah. 2017. Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), (2), 1-5.

Mugiharso, Heru, dkk. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UPT MKDK UNNES.

Noviani, Laurensia Puji. 2016. TINGKAT KEMAMPUAN PENERIMAAN DIRI REMAJA (Studi Deskriptif pada Remaja Kelas VIII di SMP Karitas Ngaglik Tahun Ajaran 2016/2017 dan Implikasinya Terhadap Usulan Topik-topik Bimbingan Pribadi-Sosial). Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan konseling dalam berbagai latar kehidupan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nursalim, Muchammad. 2014. Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta: PT. Indeks.

Pitriani, Dewi. 2016. Penerimaan diri dalam menghadapi pensiun ditinjau dari tipe kepribadian. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Malang.

Prayitno, dan Erman Amti. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Univresitas Negeri Padang.

----------. 2017. Konseling Profesional yang Berhasil: Layanan dan Kegiatan Pendukung. Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA

Purnamasari, Lilis Ratna. 2012. Teknik-Teknik Konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Purwaningrum, Riska Putri. 2013. Penerimaan Diri Pada Wanita Penderita Kanker Nasofaring. Undergraduate Thesis tidak diterbitkan. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Puspita, Restin Dwi. 2018. Hubungan Antara Self Efficacy dengan Penerimaan Diri Pada Pasien Penyakit Jantung. Skripsi tidak diterbitkan: Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Rachman, Maman. 2015. 5 Pendekatan Penelitian Kuantitatif, kualitatif, Mixed, PTK, R&D. Yogyakarta. Magnum Pustaka Utama.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2013. Pemahaman Individu Teknik Nontes Edisi Revisi. Jakarta: KENCANA.

Resty, Gahrnish Tiara. 2015. Pengaruh Penerimaan Diri Terhadap Harga Diri Remaja di Panti Asuhan Yatimputri Aisyiyah Yogyakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi 1 Tahun ke-5. 1-12. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusmana, Nandang. 2009. Bimbingan dan konseling kelompok (metode, teknik, dan aplikasi). Bandung: Rizqi Press.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan & Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Santrock, John W. 1996. Adolescence: Perkembangan Remaja Edisi Keenam. Terjemahan oleh Shinto B Adelar dan Sherly Saragih. 2003. Jakarta: Erlangga.

Sari, Endang Puspita dan Sartini Nuryoto. 2002. Penerimaan Diri Pada Lanjut Usia Ditinjau Dari Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi. No. 2, 73-88.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

----------. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut dan Nila Kusmawati. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing (Bimbingan dan Konseling). Yogyakarta: Paramitha Publishing.

Tohirin. 2011. Bimbingan dan Konseling di Sekolah & Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Triwiyanto, Teguh. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

UU RI nomor 20 tahun 2003. pasal 1. Sistem Pendidikan Nasional.

Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5154

Article Metrics

Abstract views : 1263| 37-44 views : 1354

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: