Peningkatan Sikap Optimisme Anak Panti Asuhan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulasi
Abstract
Keywords
Teks Lengkap:
45-55Referensi
Ahmadi, Abu dan Prasetya, Joko Tri. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:
Pusaka Setia.
Ali, Mohammad dan Asrori, M. 2005. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aziz, Abdul. 2010. Aktivasi Berpikir Positif. Yogjakarta: Kota Biru.
Cahyani, Erlina Dwi. 2014. Upaya Meningkatkan Optimisme Berpikir Tentang
Masa Depan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA N 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Coraltavris, Carolewade. 2007. Psikologi. Semarang: Erlangga.
Dewana, Fatin. 2018. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Optimisme Keberhasilan Belajar Siswa. [online], http://repository.uinsu.ac.id/4151/, (diakses tanggal 1 Mei 2019)
Hanurawan, Fattah. 2012. Psikologi Sosial. (Suatu Pengantar). Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Irawan, Riza. 2009. Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Siswa SMA. [online], https://eprints.uns.ac.id/6728/, (diakses tanggal 21 April 2019).
Kurniawan, Albert. 2009. Secret Of Positive Thinking. Jakarta: Abdika Press.
Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta:
Perdana Media Group.
Prayitno dan Erman, Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: FIP-
UNP.
Purwoko, Budi dan Titin Indah Pratiwi. 2007. Pemahaman Individu Teknik Non
Tes. Surabaya: Unesa University Press.
Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Entrepise.
Ramadhani, Fredy Aditya. 2017. Peningkatan Sikap Toleransi Pergaulan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permaian Simulasi Pada Siswa Kelas XI E3 SMK N 2 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rusmana, Nandang. 2009. Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah (Metode, Teknik, dan Aplikasi). Bandung: Rizqi Press.
Salahuddin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukardi, Dewa Ketut. 2002. Pengantar Pelaksana Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi, Dewa Ketut dan Nila Kusmawati. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing (Bimbingan dan Konseling). Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Sukmadinata, dkk. 2003. Materi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Mutiara.
Suryanto, Bondan Agus. 2008. Six Basic Energy. Jakarta: Bumi Aksara.
Tambunan, Email H. 2007. Kepribadian Seutuhnya. Bandung: Indonesia.
Tohirin. 2011. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.
Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5155
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: