Peningkatan Sikap Optimisme Anak Panti Asuhan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulasi

Devita Agustin
Sumarwiyah Sumarwiyah
Sucipto Sucipto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dapat meningkatkan sikap optimisme pada anak panti asuhan Nurul Jannah Kudus, 2. Diperoleh peningkatan sikap optimisme terhadap anak panti asuhan Nurul Jannah Kudus melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi. Penelitian ini didesain dengan menggunakan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dengan subyek penelitian adalah 8 anak panti asuhan Nurul Jannah Kudus yang memiliki permasalahan sikap optimisme. Variabel penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dan teknik simulasi (Variabel Bebas) dan sikap optimisme anak panti asuhan (Variabel Terikat). Hasil penelitian diketahui sikap optimisme anak panti asuhan Nurul Jannah Kudus pada periode pra siklus memperoleh skor 16,1 (32%) kategori sangat kurang (SK). Pada siklus I mengalami peningkatan dengan memperoleh skor 26 (52%) kategori cukup (C). Kemudian pada siklus II juga mengalami peningkatan dengan memperoleh skor 39 (78%) kategori baik (B). Simpulan peneliti ini sebagai berikut: 1. Aktivitas peneliti dalam memimpin kegiatan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi pada siklus I pertemuan pertama memperoleh skor 45 (45%) kategori kurang (K), pertemuan kedua memperoleh skor 54 (54%) kategori cukup (C), dan pertemuan ketiga memperoleh skor 65 (65%) kategori cukup (C). Kemudian pada siklus II pertemuan pertama memperoleh skor 69 (69%) kategori baik (B), lalu pada pertemuan kedua memperoleh skor 76 (76%) kategori baik (B), dan pada pertemuan ketiga memperoleh skor 86 (86%) kategori sangat baik (SB).

Keywords


Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi Sikap Optimis

Teks Lengkap:

45-55

Referensi


Ahmadi, Abu dan Prasetya, Joko Tri. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:

Pusaka Setia.

Ali, Mohammad dan Asrori, M. 2005. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz, Abdul. 2010. Aktivasi Berpikir Positif. Yogjakarta: Kota Biru.

Cahyani, Erlina Dwi. 2014. Upaya Meningkatkan Optimisme Berpikir Tentang

Masa Depan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA N 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Coraltavris, Carolewade. 2007. Psikologi. Semarang: Erlangga.

Dewana, Fatin. 2018. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Optimisme Keberhasilan Belajar Siswa. [online], http://repository.uinsu.ac.id/4151/, (diakses tanggal 1 Mei 2019)

Hanurawan, Fattah. 2012. Psikologi Sosial. (Suatu Pengantar). Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Irawan, Riza. 2009. Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Siswa SMA. [online], https://eprints.uns.ac.id/6728/, (diakses tanggal 21 April 2019).

Kurniawan, Albert. 2009. Secret Of Positive Thinking. Jakarta: Abdika Press.

Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta:

Perdana Media Group.

Prayitno dan Erman, Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: FIP-

UNP.

Purwoko, Budi dan Titin Indah Pratiwi. 2007. Pemahaman Individu Teknik Non

Tes. Surabaya: Unesa University Press.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Entrepise.

Ramadhani, Fredy Aditya. 2017. Peningkatan Sikap Toleransi Pergaulan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permaian Simulasi Pada Siswa Kelas XI E3 SMK N 2 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusmana, Nandang. 2009. Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah (Metode, Teknik, dan Aplikasi). Bandung: Rizqi Press.

Salahuddin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukardi, Dewa Ketut. 2002. Pengantar Pelaksana Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, Dewa Ketut dan Nila Kusmawati. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing (Bimbingan dan Konseling). Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Sukmadinata, dkk. 2003. Materi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Mutiara.

Suryanto, Bondan Agus. 2008. Six Basic Energy. Jakarta: Bumi Aksara.

Tambunan, Email H. 2007. Kepribadian Seutuhnya. Bandung: Indonesia.

Tohirin. 2011. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5155

Article Metrics

Abstract views : 1146| 45-55 views : 1099

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: