Pengingkatkan Komunikasi Antar Pribadi Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Bermain Peran

Vivi Elita Yahya
Sucipto Sucipto
Masturi Masturi

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah : 1. Mendiskripsikan layanan penguasaan konten menggunakan teknik bermain peran dalam peningkatkan komunikasi antar pribadi pada siswa TK Pertiwi Bulungcangkring Jekulo, 2. Diperolehnya peningkatan komunikasi antar pribadi melalui layanan Penguasaan konten dengan teknik bermain peran pada siswa TK Pertiwi Bulungcangkring Jekulo. Komunikasi antar pribadi merupakan proses interaksi penyampaian informasi, ide dan sikap antara dua orang atau lebih yang menjalin hubungan komunikasi baik sebagai komunikan dan komunikator yang saling bertukar pesan secara langsung dan tidak langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek yang diteliti siswa dari kelas A kecil. Penelitian ini dilakukan 2 siklusnya setiap pertemuan ada 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi / pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian diketahui dari komunikasi antar pribadi terhadap 14 subyek pada pra siklus dengan jumlah 216 dan memperoleh skor rata-rata 39% dengan kategori sangat kurang (SK), kesuliatan mengkomunikasikan pikiran dan perasaan, kurang berempati, kesulitan dalam memberikan dukungan, kurang dalam menyatakan sikap positif diri sendiri dan orang lain, rendahnya kemampuan mendengarkan siswa, kurang rasa berani dan percaya akan diri sendiridan orang lain, cenderung menutup diri dengan lingkungan sekitar, kurang sikap hangat saat berinteraksi, kurang bersikap asertif, rendahnya orietasi kepada orang lain. Setelah diberikan layanan penguasaan konten teknik bermain peran pada siklus I dari pertemuan pertama, kedua dan ketiga dengan jumlah 335 dengan rata-rata prosentase 60% kategori (kurang), pada siklus II pertemuan pertama, kedua ketiga mendapatkan jumlah 485 dengan rata-rata 87% dengan kategori (Sangat Baik). Dari observasi aspek komunikasi antar pribadi dapat disimpulkan bahwa siklus I ke siklus II mengalami peningkatan.


Keywords


Komunikasi Antar Pribadi Teknik Bermain Peran Layanan Penguasaan Konten

Teks Lengkap:

56-64

Referensi


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Amirudin, Djoni. 2012. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Bimbingan Teman Sebaya. Universitas Pendidikan Indonesia.

Budyatna, Muhammad dan Leila Mona Ganiem. 2011. Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Kincana.

Cangara, Hafied. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindopersada.

Enjang AS. 2009. Komunikasi Konseling. Bandung: Penerbit NUANSA.

Kanzannudi, Mohammmad. 2015. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi.Rembang: Yayasan Adhigama.

Komalasari, dkk. 2014. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Masitoh, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mayke S. Tedjasaputra. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyana, Dedy. 2004. Komunikasi Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurudin. 2016. Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Depok: Fajar Interpratama Mandiri.

Nuraini, Yuliani, S dan Bambang Sujino. 2010. Bermain Kreatif Berbasis kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.

Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Pujileksono, Sugeng. 2016. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Cita Intrans Selaras.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2013. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Jakarta: Kencana.

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyo. 2005. Komunikasi Antar Pribadi. Semarang: UNNES PRESS.

----------. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

----------.2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuanlitatif, Kualitatif, dan R&D. Jl Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung: PT Alfabeta.

-----------. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

-----------. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung: PT Alfabeta.

Sunarto, dan Agung Hartono. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. Rineka Cipta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2002. Pengantar Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing (Bimbingan dan Konseling). Jakarta: Rajawali Press.

Suranto, AW. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogjakarta: Graha Ilmu.

Surya, Mohamad. 2009. Psikologi Konseling. Bandung: Maestro.

Suyadi, dan Maulidya Ulfah. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyadi. 2009. Buku Pegangan Bimbingan dan Konseling untuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogjakarta: DIVA Press.

Wina Sanjaya. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: KENCANA PRENADAMEDIA GROUP

Winkel, W. S dan Sri Hastutik. 2006. Bimbingan dan Konseling di Instansi Pendidikan. Yogjakarta: Media Abadi.

Wiryanto. 2009. Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia.

Wood, Julia. 2010. Komunikasi Interpersonal: Interaksi Keseharian Edisi 6. Terjemahan oleh Rio Dwi Setiawan. 2013. Jakarta: Salemba Humanika.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5156

Article Metrics

Abstract views : 481| 56-64 views : 436

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: