Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving

Affiyani Pramono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keceredasan emosional melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving bagi siswa kelas X IPA 4 SMA 1 Bae. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Setiap siklus dua pertemuan yang terdiri: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok teknik problem solving dapat meningkatkan kecerdasan emosional, siklus II mendapatkan hasil 80% kategori baik, dan 92% kategori sangat baik dibandingkan siklus I mendapatkan hasil 65% dengan kategori cukup, serta 76% kategori baik.

Keywords


Kecerdasan Emosional Teknik Problem Solving Layanan Bimbingan Kelompok

References


Amti, E dan Prayitno. (2015). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Goleman, Daniel. (2018). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Maliki. (2009). Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar, Suatu Pendekatan Imajinatif. Jakarta: PT Rajawali.

Sawitri, Amalia. (2014). Hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar di SMA Lab.School. Jurnal Anima Vol XI No. 42.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Prakarsa Paedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Visitors of the Paedagogia Prakarsa Journal Status

Country of Origin of Visitors:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: