Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya Materi Seni Lukis Aplikatif Menggunakan Teknik Pointilis

Edij Kismartanto

Abstract


Keberhasilan proses belajar mengajar tidak terlepas dari persiapan peserta didik dan persiapan tenaga pengajarnya. Untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran seni budaya, diperlukan kerjasama dari semua komponen. Teknik pointilis adalah salah satu teknik lukis yang dikenal dalam menciptakan karya seni lukis. Dengan teknik pointilis diharapkan peserta didik dapat meningkatkan prestasi belajr seni budaya materi seni lukis aplikatif. Hasil prestasi belajar siswa masih ditemui siswa yang belum mencapai KKM. Berdasarkan kondisi tersebut peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas dengan materi Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya Materi Seni Lukis Aplikatif Menggunakan Teknik Pointilis Pada Siswa Kelas Ix C Smp Negeri 2 Tuntang. Jumlah siswa di Kelas IX C adalah 25 siswa. Dari hasil pelaksanaan 2 siklus dalam ptk dengan menggunakan teknik pointilis mampu meningkatkan prestasi belajar siswa sekitar 52% dari kondisi awal penelitian. Sementara itu sekitar 12% dari 25 orang siswa kelas IX C SMP N 2 Tuntang masih mendapatkan nilai lukis aplikatif di bawah KKM, sedangkan sisanya sekitar 88  siswa telah mencapai ketuntasan belajar.

Keywords


Prestasi belajar, lukis aplikatif, teknik pointilis

Teks Lengkap:

132-136

Referensi


Aplikatif/ap·li·ka·tif/ a mengenai (berkenaan dengan) penerapan https://kbbi.web.id/aplikatif

Bastomi, Suwaji. 2014. Apresiasi Kreatif. Semarang. Swadaya Manunggal.

Kemendikbud. 2018. Seni Budaya SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kemendiknas. 2010. Seni Rupa SMP/MTs. Jakarat: Kementerian Pendidikan Nasioanal.

Nahar, Norvi Irwan. 2016. Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Tapanuli: Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Nana Sudjana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar .Sinar Baru Bandung.

Wahidmurni dkk.2010. Evaluasi Pembelajaran Kompetensi Dan Praktik. Jogyakarta; Nuha Lentera.

Wiratno, Tri Aru. 2018. Seni Lukis dan Metode. Surabaya: CV. Zifatama Jawara.

Diunduh file:///C:/Users/Pak%20Edij/Downloads/gabungan.pdf

Yaumi, Muhamad. 2017. Prinsip-Prinsip desain Pembelajaran. Kencana Jakarta. Diunduh https://books.google.co.id/books?id=gDu2DwAAQBAJ&pg=PA25&hl=id&source=gbs_selected_pages&cad=2#v=onepage&q&f=false




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5739

Article Metrics

Abstract views : 326| 132-136 views : 1232

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: