Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Alat Peraga

Andreas Legiman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas  dan hasil belajar peserta didik  melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga materi bangun ruang sisi datar bagi siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Pabelan Semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 selama 5 bulan, yakni mulai bulan Januari sampai dengan bulan Mei  2018. PTK ini dilaksanakan di Kelas VIII A SMP Negeri 3 Pabelan pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A SMP    Negeri 3 Pabelan pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa  yang  terdiri  dari 10 siswa  perempuan dan 10 siswa laki-laki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini, yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas. Aktivitas pada pra siklus dengan katagori baik 40% dan pada siklus I 65%. Terdapat peningkatan 25%. Aktivitas pada siklus I dengan katagori baik 65 % dan pada siklus II 80%. Terdapat peningkatan 15%. Aktivitas  pada pra siklus 40 % dan pada siklus II 80%. Terdapat peningkatan 40 %. Aktivitas mengalami peningkatan dan target kinerja tercapai. Disimpulkan peningkatan siginfikan. Dari hasil penilaian harian pada pra siklus yang mencapai/melampaui KKM 60% dan pada siklus II 75 %. Terdapat peningkatan 15%. Dari hasil penilaian harian pada siklus I yang mencapai/melampaui KKM 65% dan pada siklus II 75%. Terdapat peningkatan 10 %. Dari hasil penilaian harian pada pra siklus yang mencapai/melampaui KKM 60 % dan pada siklus II 75 %. Terdapat peningkatan 15%. Hasil penilaian harian mengalami peningkatan dan target kinerja tercapai. Disimpulkan peningkatan siginfikan.

Keywords


Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model STAD, Alat Peraga

Teks Lengkap:

150-153

Referensi


Arikunto, Suharsini, Prof, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Dimiyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.

Hudojo, H, 2006, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Common Text Book Edisi Revisi, Malang : UNM

Ibrahim M, dkk, 2000, Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: Unesa-University Press.

Sardiman, A.M, 2006, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Grafindo Persada : Indonesia.

Sudjana, N.2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algesindo.

Suyitno, A dan Pujiastuti, E, 2006, Teori Belajar Mengajar Matematika I, Hand Out Perkuliahan Program Magister Program Studi Matematika, Unnes.

Wiriatmadja, Rochiati, Prof. Dr. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5742

Article Metrics

Abstract views : 195| 150-153 views : 85

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: