Pemantapan Minat Siswa Terhadap Pilihan Program Studi Di Perguruan Tinggi Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Focus Group Discussion

Nor Istiyanah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas layanan penguasaan konten dengan teknik focus group discussion dapat memantapkan minat dalam memilih program studi di perguruan tinggi pada siswa kelas XI MIPA 6 SMA 1 Bae Kudus. Tindakan dilaksanakan dengan dengan 2 siklus. Subjek penelitian layanan penguasaan konten dengan teknik focus group discussion adalah siswa kelas XII MIPA 4  SMA 1 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Terjadi peningkatan minat siswa terhadap pilihan program studi di perguruan tinggi pada kategori cukup (65%) pada siklus I menjadi kategori baik (82,5%) pada siklus II artinya siswa mampu memahami kemampuan yang dimiliki, lebih mantap terhadap pilihan prodi yang diminati, mampu memahami arti pentingnya pilihan prodi di perguruan tinggi, mampu memahami prospek masa depan.


Keywords


Minat pada Program Studi, Layanan Penguasaan Konten, Focus Group DIscussion

Teks Lengkap:

154-158

Referensi


Aqib, Z. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2005. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2003. Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Puskur Balitbang.

Hurlock, E. B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Hantoro, Eri. 2010. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas XI IA1 Di SMA PGRI 1 Sragen Tahun Ajaran 2009/2010. Jurusan Bimbingan Konseling FIPUnnes.

Kresno S, Ella Nurlaela H, Endah Wuryaningsih, Iwan Ariawan. 1999. Aplikasi Penelitian Kualitatif dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman Depkes RI. Jakarta.

M. Luddin Abu Bakar. 2010. Dasar-Dasar Konseling. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis. Tersedia di Repository Universitas Muria Kudus. 2013. diunduh tanggal 15 Januari 2020 .jam 20.00 Wib.

Mugiarso, H. 2009. Bimbingan dan Konseling. Semarang : UPT MKU UNNES.

Prayitno. 2012. Pelayanan Bimbingan dan Konseling (Sekolah MenengahUmum). Jakarta: Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Prayitno. 2004. Layanan Penguasaan Konten. Padang : Universitas Negeri Padang Press

Prayitno. 2004. Model Pengembangan Diri. Jakarta: Ghalia Indonesia Rineka Cipta Samudra Biru

Sutopo,H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret

Sutoyo Anwar. 2014. Pemahaman Individu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

________. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Winkel & Hastuti, S. 2006. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan.Yogjakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5744

Article Metrics

Abstract views : 314| 154-158 views : 1944

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: