Pemantapan Minat Siswa Terhadap Pilihan Program Studi Di Perguruan Tinggi Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Focus Group Discussion
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas layanan penguasaan konten dengan teknik focus group discussion dapat memantapkan minat dalam memilih program studi di perguruan tinggi pada siswa kelas XI MIPA 6 SMA 1 Bae Kudus. Tindakan dilaksanakan dengan dengan 2 siklus. Subjek penelitian layanan penguasaan konten dengan teknik focus group discussion adalah siswa kelas XII MIPA 4 SMA 1 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Terjadi peningkatan minat siswa terhadap pilihan program studi di perguruan tinggi pada kategori cukup (65%) pada siklus I menjadi kategori baik (82,5%) pada siklus II artinya siswa mampu memahami kemampuan yang dimiliki, lebih mantap terhadap pilihan prodi yang diminati, mampu memahami arti pentingnya pilihan prodi di perguruan tinggi, mampu memahami prospek masa depan.
Keywords
Teks Lengkap:
154-158Referensi
Aqib, Z. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2005. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2003. Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Puskur Balitbang.
Hurlock, E. B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Hantoro, Eri. 2010. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas XI IA1 Di SMA PGRI 1 Sragen Tahun Ajaran 2009/2010. Jurusan Bimbingan Konseling FIPUnnes.
Kresno S, Ella Nurlaela H, Endah Wuryaningsih, Iwan Ariawan. 1999. Aplikasi Penelitian Kualitatif dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman Depkes RI. Jakarta.
M. Luddin Abu Bakar. 2010. Dasar-Dasar Konseling. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis. Tersedia di Repository Universitas Muria Kudus. 2013. diunduh tanggal 15 Januari 2020 .jam 20.00 Wib.
Mugiarso, H. 2009. Bimbingan dan Konseling. Semarang : UPT MKU UNNES.
Prayitno. 2012. Pelayanan Bimbingan dan Konseling (Sekolah MenengahUmum). Jakarta: Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Prayitno. 2004. Layanan Penguasaan Konten. Padang : Universitas Negeri Padang Press
Prayitno. 2004. Model Pengembangan Diri. Jakarta: Ghalia Indonesia Rineka Cipta Samudra Biru
Sutopo,H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret
Sutoyo Anwar. 2014. Pemahaman Individu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
________. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Winkel & Hastuti, S. 2006. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan.Yogjakarta: Media Abadi.
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5744
Article Metrics
![](/public/site/images/umk/icon-graph.png)
![](/public/site/images/umk/icon-pdf.png)
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: