Media Konkret Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Kalimat Permintaan Maaf Pada Kelas II SD

Taufiq Ardy Cahyono
Himmatul Ulya
Ristiyani Ristiyani

Abstract


This study aims to descrie the concrete media as an effort to improve the ability to express a sentence of apology i elementary school. The research method used is classroom action research. The subject of this study as much 24 student. Data collection techniques using interviews , observation and test. Concrete media is an object in the form of real or artificial object that have been used by teachers in conducting learning with the aim of student being able to easily understand the learning material. The result show that concrete media can improve the ability to express apology setences. Cycle I student complete with a percentage 77% and which is incomplete with a percentage 23% whie the cycle II student complete with a percentage 91% and which is incomplete with a percentage 9%.

Keywords


Media concrete, setence of apology

Teks Lengkap:

183-189

Referensi


Anna, Haerun. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konteks Multibudaya. Jurnal AL- Ta”dib Vol. 9 No. 2.

Annas, Annas. 2019.Penerapan Model GI Dalam meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN Tinenggi. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol.1 No.2.

Beniasih, Ni Md. Ayu, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran CORE Berbantuan Media konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Singaraja. e – Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol.3 No. 1 Hal 1- 11.

Bete, Anugerah. 2015. Penerapan Model pembelajaran GI untuk meningkatkan hasil belajar Matematika SD Negeri 4 Idanogowa. Jurnal Bina Gogik Vol 2 No.1.

Erlisnawati dan Marhadi, Hendri . 2014. Penerapan model GI untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 56 Pekanbaru.

Kusmanriyatmi.2018. Penerapan model GI untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD. Jurnal ilmiah pendidikan No.5 Vol.3.

Mufliharsi, Risa. 2017. Pembelajaran tindak tutur meminta maaf pada keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa kelas VII. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 4 No 2.

Muhstyo, Gatot. Dkk. 2009. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Mulia, Dini Siswani, dan Suwarno. 2016. PTK denngan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan penulisan artikel ilmiah di SD Negeri Kalisube Banyumas. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. IX No.2.

Muliyantini. 2017. Penerapan Model Pembelajaran GI untuk meningkatka hasil belajar IPA Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol.1 No.2 Hal 91 – 98.

Nupiksari, Sri. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar melalui penerapan model GI pada siswa kelas IV SDN Rejoagung. PancaranVol.4 No.4 Hal 13 -24.

Nuraini. 2016. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa kelas VI dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran GI di SDN 01 Batang Anai. Jurnal pendidikan sekolah dasar Vol.4 No.1.

Pranata, Adi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan IPA Vol.3 No.1.

Rahman, Alda fitri dan Atmaji, Abdulrahman. 2018. Implementasi pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks di SMP Negeri Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia Vol. 7 No.3.

Rini. 2019. Penerapan metode Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Penerus Bangsa Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara Vol.4 No.2.

Sari, Ayu Merlita. 2018. Tuturan penyerta pada tindak tutur meminta dalam Bahasa Korea. Jurnal Lingua Aplication Vol 1 No. 2.

Tariani, Ni Kdk dan Md Sumatri. 2018. Penerapan pemebalajaran GI berbantuan media Audio Visual untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol.1 No.1.

Uno, Hamzah B. 2014. Profesi Kependidikan. Jakarta : PT. Remaja Rosakarya.

Widayati, Ani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Bahasa Indonesia Vol. VI No. 1.

Yuliana, Nurul dwi dan Budianti, Yudi. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika kelas II Sekolah Dasar Negeri Babelan Kota 06 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Pedagogik Vol. 3 No 1. Hlm. 34 – 40.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5858

Article Metrics

Abstract views : 272| 183-189 views : 464

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: