Efektivitas Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Sikap dan Kebiasaan Belajar Siswa Pada Siswa Kelas XI SMK

Hesti Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap dan kebiasaan belajar pada siswa Kelas XI SMK Assa’idiyyah 2 Kudus melalui layanan bimbingan belajar. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu, pelaksanaan penelitian dimulai pada awal Maret 2019 sampai dengan akhir Mei 2019 ini. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling dimana semua populasi dijadikan sampel penelitian, yaitu seluruh siswa kelas XI SMK Assa’idiyyah Kudus yang berjumlah 30 orang siswa yang terbagi atas 17 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan 17 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala sikap dan kebiasaan belajar yang disusun oleh penulis berdasarkan teori SSHA (Survey of Study Habits and Attitudes) dari Brown dan Holtzman. Skala sikap ini mengungkap sikap dan kebiasaan belajar siswa dengan 50 item pernyataan. Analisis data untuk mengukur sikap dan kebiasaan belajar siswa menggunakan tehnik uji Mann-Whitney U melalui program SPSS for Window Release 20.0. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada peningkatan yang signifikan sebesar 7,47% dalam sikap dan kebiasaan belajar pada siswa XI SMK Assa’Idiyyah Kudus melalui layanan bimbingan belajar. Hasil menunjukkan mean skor post test kelompok eksperimen yang sebesar 295,89 lebih besar dari pada skor pretest kelompok eksperimen yang sebesar 275,33. Dari uji Mann Whitney post test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh hasil yaitu nilai Asymp.Sign.2-tailed sebesar 0,000 kurang dari 0,050 yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan post test kelompok eksperimen. Kesimpulan juga didukung temuan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 21,68  dan rata-rata kelompok kontrol sebesar 13,32. Hasil ini sekilas menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki rata-rata sikap dan kebiasaan belajar yang lebih tinggi dengan selisih sebesar 8,36. Diperoleh juga hasil statistik Asymp sig.2 tailed adalah 0,014 kurang dari 0,050, sehingga hasil uji signifikasi secara statistik menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam sikap dan kebiasaan belajar di antara kedua kelompok.

Teks Lengkap:

239-247

Referensi


Amti, Erman dan Prayitno. 1999. Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Depdikbud.

Anne Anastasi. 1998. Tes Psikologi Jilid I. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Anugraheni, Dina Widianti. 2004. Hubungan Antara Kebiasaan dan Sikap Belajar Dengan Prestasi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Salatiga: FKIP-UKSW.

Arikunto, S. 1998. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktek-Edisi Revisi- Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar. 1999. Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Brown.W.F., & Holtzman, W.H. (1967). Survey of Study Habbits and Attitudes. New York : Psychological Corp.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling. Semarang: FIP IKIP Semarang.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.

Djamarah, Syaiful. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djumhur dan Moch. Surya. 1985. Bimbingan dan Penyuluhan Di Sekolah. Bandung: CV Ilmu.

Gie, The Liang. 2004. Cara Belajar yang Baik Bagi Mahasiswa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mulyatiningsih, Rudi, dkk. 2004. Bimbingan Probadi-Sosil Belajar dan Karier. Jakarta: Grasindo

Prayitno dan Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Yakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudianto, Akur & Achmad Juntika Nurihsan. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling Di SMP Kurikulum 2004. Jakarta: Gramedia .

Suharsimi Arikunto. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Sukardi, D.K. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling Dalam Praktek. Bandung: Maestro.

Sumargo, Chr. & Slameto. 1997. Tingkat Pencapaian Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Kritis, No. 1 th. XI Juli – Sept. 1997.

Sutrisno Hadi. 1997. Statistik Jilid I. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.

Tatiek Romlah. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Surabaya: UNM.

Tohirin. 2007. Bimbingan ke Arah Belajar yang Sukses. Jakarta: Rineka Cipta.

Widjajanto L. 2005. Metodologi Penelitian. Salatiga. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ”AMA”.

Widyatmaka, Petrus. 2005. Kebutuhan Layanan Bimbingan Berdasarkan Sikap dan Kebiasaan Belajar. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Salatiga: FKIP-UKSW.

_______. (2003). Metodologi Penenelitian. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Salatiga: FKIP UKSW.

Winkel, WS & Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogkarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.6341

Article Metrics

Abstract views : 190| 239-247 views : 168

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: