EFEKTIVITAS MODEL GUIDED INQUIRY LEARNING DAN MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

evi ekawati
Sri Utaminingsih
Sumaji Sumaji

Abstract


Tujuan penelitian ini menganalisis perbedaan efektivitas model guided inquiry learning dengan model blended learning terhadap kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas V Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk desain eksperimen ini yaitu posttest only control group desaign. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Harjowinangun, SDN 2 Harjowinangun dan SDN 2 Manggarmas di Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan.. Analisis data yang digunakan meliputi uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Data pengujian tersebut diolah dengan menggunakan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa  tidak terdapat perbedaan efektivitas antara model guided inqury learning  dengan model blended learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V di Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Hal ini terbukti dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,533.

Teks Lengkap:

140-145


DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.7555

Article Metrics

Abstract views : 169| 140-145 views : 110

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: