Penggunaan Kaidah Kebahasaan Teks Pidato pada Siswa Kelas IX : Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis

Muhammad Naufal Afham
Septina Sulistyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan struktur frasa dalam tataran sintaksis pada teks pidato milik siswa SMP kelas IX, (2) mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan struktur kalimat dalam tataran sintaksis pada teks pidato milik siswa SMP kelas IX, dan (3) perbaikan kesalahan penggunaan struktur frasa dan kalimat dalam tataran sintaksis pada teks pidato milik siswa SMP kelas IX. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik anaslisis data pada penelitian ini menggunakan teknik catat (taking note method) dan teknik pilah. Pencatatan dapat dilakukan pada kartu data yang telah disediakan atau akan disediakan. Setelah pencatatan dilakukan, peneliti melakukan klarifikasi atau pengelompokkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa total keseluruhan kalimat dari 40 sampel adalah 757 kalimat, terdapat 198 (26,16%) kesalahan, dengan rincian 123 (16,25%) kesalahan frasa dan 75 (9,911%) kesalahan pada struktur kalimat. 


Keywords


Kesalahan Berbahasa, Frasa, Kalimat, Teks Pidato

Teks Lengkap:

198-205


DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.7852

Article Metrics

Abstract views : 270| 198-205 views : 197

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: