Penggunaan Kaidah Kebahasaan Teks Pidato pada Siswa Kelas IX : Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan struktur frasa dalam tataran sintaksis pada teks pidato milik siswa SMP kelas IX, (2) mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan struktur kalimat dalam tataran sintaksis pada teks pidato milik siswa SMP kelas IX, dan (3) perbaikan kesalahan penggunaan struktur frasa dan kalimat dalam tataran sintaksis pada teks pidato milik siswa SMP kelas IX. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik anaslisis data pada penelitian ini menggunakan teknik catat (taking note method) dan teknik pilah. Pencatatan dapat dilakukan pada kartu data yang telah disediakan atau akan disediakan. Setelah pencatatan dilakukan, peneliti melakukan klarifikasi atau pengelompokkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa total keseluruhan kalimat dari 40 sampel adalah 757 kalimat, terdapat 198 (26,16%) kesalahan, dengan rincian 123 (16,25%) kesalahan frasa dan 75 (9,911%) kesalahan pada struktur kalimat.
Keywords
Teks Lengkap:
198-205DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.7852
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: