Manajemen Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan

Didit Sulistio - [ https://orcid.org/0000-0002-6250-7451 ]
Ngurah Ayu Nyoman Murniati
Noor Miyono

Abstract


The purpose of this study is to analyze and describe how management planning improves the quality of education at MI Al Mustajab Pringapus. This research uses a qualitative approach with this type of case study research. Research data collection techniques are: (1) observation, (2) in-depth interviews, and (3) documentation. To check the validity of the data, credibility tests are used in the form of source triangulation, triangulation methods and reference materials. The data analysis techniques used are: (1) data reduction (data reduction), (2) data presentation (data display), and (3) conclusion drawing (conclusion drawing image). The results showed that learning planning in the form of: (1) making a management plan to improve the quality of education at MI Al Mustajab Pringapus well would result in better quality education, this is proven by the improvement of madrasah accreditation, academic and non-academic achievements from madrasahs, and also enthusiastic of people abaut madrasah is increase.

 

Artikel ini dapat diakses secara terbuka dibawah lisensi CC-BY-SA


Keywords


Manajemen;Perencanaan;Mutu Pendidikan

Teks Lengkap:

54-62

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cepi, Tukiman dan Abdul Jabar. 2014. “Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Di SD Kanisius Sengkan Kabupaten Sleman”. Jurnal Akuntabilitas Manajeman Pendidikan, (Online), Vol.2, No.1, (https://journal.uny.ac.id, diakses 27 Maret 2020)

Cresswell, John W. 2016. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Danim, Sudarwan dan Suparno. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fatinam, Aswandi, Hj. Masluyah. 2018. “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, (Online), Vol.4, No.10, (jurnal.untan.ac.id, diakses 22 Maret 2020).

Idris, M. Isa.2018. “Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN Waykana”. Tesis (Online), (respository. radenintan.ac.id, diakses 19 Desember 2019)

K.Hoy, Wayne & Cecil G. Miskel.2017. Admistrasi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Machali, Imam & Ara Hidayat. 2018. The Hand Book of Education Management. Yogyakarta: Prenadamedia Group.

Maris, Intan Silvana, Aan Komariah dan Abu bakar. 2016. “Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Guru dan Mutu Sekolah”. Jurnal Administrasi Pendidikan, (Online), Vol.23, No.2, (https://ejournal.upi.edu, diakses 22 Maret 2020)

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah dam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: Uin Maliki Press.

Mulyono. 2017. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Nadur, Eduardus Sepreyanto. 2017. “Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Membentuk Budaya Sekolah Pada Konteks Pendidikan Di Indonesia”. Konteks Pendidikan di Indonesia (Online), Vol.21-1, No.06. (https://e-journal.usd.ac.id, diakses 22 Maret 2020)

Nur, Muhamad dkk.2016. “Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SDN Dayah Guci Kabupaten Pidie”. Jurnal Administrasi Pendidikan (Online), Vol.4, No.1, (jurnal.unsyiah.ac.id, diakses 21 Januari 2020)

Nurmiyanti, Leni dan Bach Yunof Candra. 2019. “Kepemimpinan Transformasional Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini ”. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, (Online), Vol.3, No.2, (https://ejournal.unuja.ac.id, diakses 22 Maret 2020)

Rahayu, Renita Silvia.2018. “Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Negeri”. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, (Online), Vol.2, No.3, (https:// journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/, diakses 19 April 2020)

Republik Indonesia, Salinan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas PP Nomor 19/2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Robins, Stephen P & Timothy A. Judge.2017. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.

Sani, Ridwan Abdullah, Isda Pramuniati dan Anis Mucktiany. 2015. Penjaminan Mutu Sekolah. 2015. Jakarta: Bumi Aksara.

Sujanto, Bejo. 2018. Pengelolaan Kepala Sekolah Permasalahan dan Solusi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Timor, Handriyani, Udin Syaefudin Saud, Dadang Suhardan. 2018. “Mutu Sekolah: Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru”. Jurnal Administrasi Pendidikan, (Online), Vol.25, No.1, (https://ejournal.upi.edu, diakses 26 Maret 2020)

Umar, Yusuf.2016. Manajemen Pendidikan Madrasah Bermutu. Bandung: PT Refika Aditama.

Usman, Husaini. 2018. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 4. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.7979

Article Metrics

Abstract views : 197| 54-62 views : 102

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: