Manajemen Pembiayaan Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Dasar Negeri

Suyitno Suyitno
Ghufron Abdullah
Ngurah Ayu Nyoman Murniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembiayaan pendidikan pada masa pandemic covid -19  di Sekolah Dasar Negeri Genting 01 Jambu Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan orangtua. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pemeriksaan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembiayaan pendidikan di SDN. Genting 01 Jambu Kabupaten Semarang mencakup perencanaan (budgeting). Perencanaan dilakukan dengan skala prioritas, dijabarkan  berdasarkan program sekolah yang mengacu evaluasi diri sekolah, biaya BOS merujuk juknis BOS terbaru dengan penghitungan cermat mengoptimalkan sumber daya., melibatkan berbagai warga sekolah, disosialisasikan, dan menghasilkan desain ideal berupa efisiensi anggaran yang akuntabel dan transparan. Pembukuan dilaksanakan dengan melibatkan pelaksana bertindak sesuai perencanaan dengan juknis BOS, pentingnya orientasi dan menggerakkan operator sekolah, visi agar tercapai, dengan prosedur mengedepankan prinsip actuating dan kehati-hatian, semua pengeluaran dicatat dalam jurnal, buku kas umum, buku pembantu kas tunai, buku pembantu bank, buku pembantu pajak, dan buku pengadaan barang. Pembagian wewenang dan tanggung jawab pelaksanaan program kegiatan ditujukan agar terhindar dari penyalahgunaan pembiayaan, sehingga pertanggungjawabannya dapat disampaikan secara terbuka atau transparan dan akuntabel kepada semua stakeholder. Pembiayaan program kegiatan yang tidak tercantum dalam perencanaan tetapi sangat penting dan segera diadakan dapat disikapi dengan mencari dana dari orang tua  siswa maupun para donator baik dari masyarakat peduli pendidikan dan para alumni

Keywords


Manajemen Pembiayaan; Pandemi Covid 19

Teks Lengkap:

265-275

Referensi


Arwildayanto, dkk. (2017). Manajemen Keuangan Dan Pembiayaan Pendidikan Bandung: Widya Padjadjaran Ashadi, N. R. (2020). Hubungan Pemanfaatan Google Classroom Dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Ptik Pada Masa PandemI. Jurnal Media Elektrik, 17(2) Fatah, Nanang 2017, Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosydakarya. Ferdi, W.P. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis Financing Of Education: A Theoritical Study. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 19, Nomor 4, Desember Fattah, Nanang . (2012). Standar Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Lipham, James M. 1985. The Principalship. New York: Longman. Mulyono. 2010. Konsep Pembiayaan Pendidikan. Yogjakarta : Ar-Ruzz PP No. 19 Tahun 2005 tentang SNP yang telah diubah dengan PP No. 32 Tahun 2013 dan PP No. 13 Tahun 2015 tentang Perubahan atas PP No. 19 Tahun 2005 Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B, Bandung : Alfabeta Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.7988

Article Metrics

Abstract views : 129| 265-275 views : 82

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: