Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Siti Rofi'ah
Ghufron Abdullah
Noor Miyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Peran Kepala Sekolah sebagai edukator dalam pengembangan karakter disiplin dan mendeskripsikan dan menganalisis Peran Kepala sekolah sebagai manajer dalam pengembangan karakter  disiplin. Desain penelitian menmggunakan pendekatan kualitatif lapangan dengan bantuan instrument observasi dan wawancara. Penelitian di lakukan di SDIT Izzatul Islam Semarang. Hasilnya diketahui bahwa peran besar Kepala sekolah adalah sebagai educator, sekaligus manajer yang cakap untuk mengembangkan karakter siswa di skeolah. Secara umum penelitian ini mengungkap fakta bahwa kemampuan manajerial kepala sekolah harus didukung dengan kemampuan sebagai pendidik agar kepala sekolah tidak hanya cakap dalam merencanakan, mengorganisasikan, dan melakukan control lapangan, tetapi juga cakap sebagai eksekutor langsung sebagai contoh bagi guru lain di sekolah yang dipimpinnya

Keywords


Peran Kepala Sekolah; Pendidikan Karakter; Sekolah Dasar

Teks Lengkap:

289-296

Referensi


Cahyo, E.D (2017).Pendidikan karakter Guna Menanggulangi Dekandensi Moral yang terjadi pada siswa Sekolah Dasar.EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar,9(1),16-26.

Torang, Syamsir. (2013). Organisasi dan Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya, & Perubahan Organisasi.Bandung : Alfabeta

Haris. (2012). Peran dan peranan Media Massa Dan Komunikasi. Bandung: PT. pustaka sinar harapan

Adi, D.S. (2016). Jurnalisme Publik dan Jurnalisme Warga serta Perannya dalam Meningkatkan Partisipasi Warga dalam Proses Demokrasi. Jurnal Nomosleca, Vol. 2, No. 1

Moleong, Lexy. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdayakarya.

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Marno dan Supriyatno, Triyo. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung : PT Refika Aditama




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.7994

Article Metrics

Abstract views : 130| 289-296 views : 148

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: