Manajemen Mutu Akademik di Madrasah Ibtidaiyah Arrosyad Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang

Andini Utami, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Ghufron Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (a). perencanaan mutu akademik; (b) pengorganisasian mutu akademik; (c) pelaksanaan mutu akademik; dan (d) pengawasan mutu akademik Madrasah Ibtidaiyah (MI) Arrosyad Bergas lor Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MI  Arrosyad Bergas Lor Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan subjek penelitian adalah kepala sekolah, ketua yayasan, guru, komite dan pengawas sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi manajemen mutu akademik MI Arrosyad Bergas Lor Kecamatan Bergas Kabupaten semarang dilakukan secara terstruktur mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dengan melibatkan peran aktif kepala sekolah, guru, komite, ketua yayasan, pengawas dan orang tua peserta didik. 2) dalam fungsi dan tanggung jawab mutu akademik di sekolah menempatkan personal sesuai dengan kompetensinya masing-masing. 3) kendala yang dialami diantaranya sangat dibutuhkan peningkatan koordinasi masing-masing bidang, loyalitas yang tinggi, kelengkapan administrasi dan sarana prasarana

Keywords


Manajemen; Mutu Akademik

References


Bafadal, Ibrahim. (2009). Manajemen Peningkatan Mutu sekolah Dasar. Jakarta: Bumi aksara.

Daryanto. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta

Purwanto (2013 Purwanto, Edi. (2013). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Di Islamic International School SD Plus Darul Ilmi Murni Namorambe . Tesis. Medan: Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara

Rohmah,Noer & Fanani, Zaenal. 2017. Manajemen Pendidikan. Malang: Madani

Rohman, Muhammad & Sofan Amri. (2012). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Sallis, Edwar. (2010). Total Quality Management In Education, Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suhana, Cucu. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Suryadi. (2009). Manajemen Mutu Berbasis Sekolah. Bandung: PT Sarana Panca Karya Nusa.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.8001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Prakarsa Paedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Visitors of the Paedagogia Prakarsa Journal Status

Country of Origin of Visitors:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: