Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dan Peningkatan Mutu Pendidikan

Anna Sri Wardhani
Ghufron Abdullah
Noor Miyono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis : (a) Tranparansi pelaksanaan manajemen pembiayaan; (b) Akuntabilitas pelaksanaan manajemen pembiayaan; (c) Efektifitas pelaksanaan manajemen pembiayaan; dan (d) Efisiensi pelaksanaan manajemen pembiayaan di SDIT Nurul Islam  Tengaran dalam meningkatkan mutu akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dijelaskan bahwa Pelaksanaan manajemen pembiayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Nurul Islam dengan prinsip transparansi, akuntabilitas, efektifitas dan efisiensi diwujudkan dalam bentuk pemberian akses informasi mengenai pengeolaan keuangan sekolah, pelibatan stakeholder dalam pengambilan keputusan, pelaporan penggunaan anggaran yang terbuka, pembentukan tim manajemen keuangan dan peningkatan mutu. Pencapaian tersebut didukung faktor sumber daya manusia yang kompeten, dapat berkoordinasi, penganggaran kebutuhan yang sesuai dengan kebutuhan dan penyusunan program yang sesuai. Manajemen pembiayaan pendidikan dikelola dengan baik, dan penggunaan anggaran yang sesuai dengan program menjadi faktor kunci dalam proses pendidikan di sekolah. Pelaksanaan keuangan berjalan dengan baik dan profesional. Hasil analisis mutu pendidikan menunjukan adanya korelasi dengan manajemen pembiayaan dimana manajemen pembiayaan mampu menjawab program dan kebijakan yang menunjang peningkatan mutu di SDIT Nurul Islam Tengaran.


Keywords


Manajemen Pembiayaan; Peningkatan Mutu Pendidikan

Teks Lengkap:

323-332

Referensi


Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Ferdi, W.P. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 19, Nomor 4. Hal 565- 578.

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Moleong, Lexy. J. (2013). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Terry, George R., & Rue, Leslie W. (2016). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor. Penerbit Ghalia Indonesia

Sallis.Edward. (2011). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Yogyakarta :IRCiSoD

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung : Alfabeta

Umar, Sidiq. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo : CV Nata Karya

Zahroh, Aminatul. (2014). Total Quality Management; Teori & Praktek Manajemen Dalam Mendongkrak Mutu Pendidikan. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.8003

Article Metrics

Abstract views : 207| 323-332 views : 338

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: