Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka SD Negeri 02 Beluk Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang

Puspitasari Puspitasari
Ngurah Ayu Nyoman Murniati
Endang Wuryandini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen ekstrakurikuler pramuka SD Negeri 02 Beluk Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian kualitatif fenomenologi.  Subyek penelitian adalah kepala Sekolah, guru, komite, wali murid, dan siswa.  Obyek penelitian adalah manajemen ekstrakurikuler pramuka meliputi perencanaan, pengorganisasian,  pelaksanaan, dan pengawasan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman sedangkan untuk Uji Keabsahan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian manajemen ekstrakurikuler mencakup: 1) Perencanaan  ektrakurikuler pramuka merupakan proses penyusunan dan pembentukan program kerja mulai dari uraian kegiatan, target, sasaran, waktu, penanggung jawab hingga sumber dana. 2) Pengorganisasian ekstrakurikuler pramuka merupakan proses pembagian kerja, sistem kerjasama antar personel, dan pembentukan struktur kelembagaan organisasi pramuka, jadwal dan materi pelatihan, pengelolaan sarana dan prasarana pendukung ekstrakurikuler pramuka. 3) Pelaksanaan ekstrakurikuler dilakukan baik secara administratif maupun fisik, dilaksanakan secara tatap muka sedangkan masa pandemik dilaksanakan secara virtual. Struktur materi pelatihan disusun dan disesuaikan tingkat syarat kecakapan umum pramuka siaga. 4) Mekanisme pengawasan dilaksanakan secara internal dan eksternal, bentuk pengawasan dilakukan melalui kunjungan secara langsung dan permintaan laporan kegiatan. Manajemen esktrakurikuler pramuka SD Negeri 02 Beluk berlangsung dengan baik dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang diperoleh dan pelaksanaan fungsi manajemen yang efektif dan efisien

Keywords


Manajemen; Ekstrakurikuler Pramuka

Teks Lengkap:

333-342

Referensi


Damanik, Saipul Ambri. (2014). Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah”, Jurnal Ilmu Keolahragaan. Vol. 13, No 2.

Djafri, Novianty. (2008). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pesantren Al-Khaerat Kota Gorontalo. Jurnal Inovasi, (Vol. 5, No 3, September), hlm. 136.

Firmansyah, Agus Zuli. (2015). Panduan Resmi Pramuka. Jakarta: Wahyu media

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Moleong, Lexy J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.8010

Article Metrics

Abstract views : 134| 333-342 views : 392

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: