Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Project Market Day
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengekplorasi pembelajaran project market day untuk menumbuhkan nilai-nilai kewirausahaan dalam penguatan profil pelajar Pancasila. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dipilih oleh peneliti agar dapat mengeksplorasi pelaksanaan pembelajaran project market day secara mendalam. Kemudian Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari satu orang guru dan 4 orang siswa kelas IV SD N Ringinkidul. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan dianalisis menggunakan tradisi kualitatif induktif-interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Dalam menumbuhkan nilai kewirausahaan untuk penguatan profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran project market day terungkap melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sedangkan nilai-nilai kewirasuahaan yang menonjol antara lain nilai integritas, kerjasama, inovatif dan kreatif, dan intelektualitas. Temuan ini dapat dijadikan salah satu pijakan dalam pengembagan kajian ekonomi civic dalam membekali warganegara muda tentang pemahaman ekonomi.
Keywords
Teks Lengkap:
111-117Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendeketan Praktik. Rineka Cipta.
Asri, M. (2020). Internalisasi NIlai - nilai Kewirausahaan Pada Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah FIP UNM. Jurnal Edukasi NonFormal, 1(1), 159–170. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/469/270
Eman Suherman. (2010). Business entrepreneur (2nd ed.). Alfabeta.
Hasanah, N. I. (2021). Penanaman Nilai - NIlai Karakter Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Banjarmasin. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 159–168. http://www.jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/1563
Imas Kurniawaty, Aiman Faiz, & Purwati Purwati. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175.
Miles, M. B., & Miles, M.B. & Huberman, M. a. (1994). Qualitative Data Analysis An Expended Sourcebook (Second Edi). SAGE Publications.
Prasetyaningsih, A. (2016). Membentuk Jiwa Kewirausahaan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan “Market Day.” SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 2(2), 88–102. https://doi.org/10.29062/SELING.V2I2.220
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Siwiyanti, L. (2017). Menanamkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day. Golden Age Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 83–89. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2861
Sulaeman. (2021). Menkop Teten: Wirausaha Indonesia Kalah Dibanding Thailand dan Malaysia. https://www.merdeka.com/uang/menkop-teten-wirausaha-indonesia-kalah-dibanding-thailand-dan-malaysia.html
Suryosubroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah (1st ed.). Rineka Cipta.
Wijaya Kusuma, Tuti Alawiyah., & Marcella Kika. (2020). Guru Penggerak: Mendorong Gerak Maju Pendidikan Nasional (K. Marcella (ed.); 1st ed.). Penerbit ANDI.
Yin, R. K. (2014). Case study research: Design and methods (5th ed.). In Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.8227
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: