Urgensi Pelayanan Bimbingan Pribadi Dan Sosial Pada Siswa SMK

Agus Afriliyanto
Yunita Dwi Setyoningsih

Abstract


Aspek pribadi dan sosial berkenaan dengan pemahaman dan pengembangan karakteristik, potensi, dan kecakapan-kecakapan yang dimilikinya, baik intelektual, sosial, fisik motorik maupun efektif emosional. Berdasarkan tahap perkembangannya, usia remaja disebut dalam masa transisi atau peralihan karena sedang mengalami perkembangan fisiologis––perubahan fisik primer maupun perubahan fisik sekunder––, perkembangan emosi––psikis atau mental yang mudah berubah-ubah/emosi tidak stabil––dan perkembangan sosial––tuntutan atau beban sosial––yang akan menimbulkan ketakutan, kecemasan bahkan rasa tidak percaya diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kajian pustaka. Berdasarkan penelitian ini didapatkanlah urgensi dari pelaksanaan bimbingan pribadi sosial untuk siswa SMK (remaja). Dalam hal ini adalah implementasi yang digunakan guru bimbingan konseling yaitu: metode tidak langsung diantaranya: bimbingan klasikal, kolaborasi dengan wali kelas, kolaborasi dengan orangtaua, kaloborasi dengan pihak terkait di luar dari sekolah, kunjungan rumah. Metode langsung yaitu: konseling individual, bimbingan kelompok, konseling kelompok, dan bimbingan individual.

Keywords


Bimbingan pribadi; Bimbingan sosial; Siswa SMK

Teks Lengkap:

146-151

Referensi


Afan, Miftahrur Bin., dan Rizki, Muhammad. (2018). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Vokasional Berbasis pada Kebutuhan Dunia Industri. (https://doi.org/10.31227/osf.io/mzan8)

Azizah .(2013). Kebahagiaan dan Permasalahan di Usia remaja (Penggunaan Informasi dalam Pelayanan Bimbingan Individual). KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 4 (2). Kudus: IAIN Kudus.

Ahmadi, Abu., dan Rohani, Ahmad. (1991). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hanum, Atifah., dan Casmini. (2015). Bimbingan Pribadi Sosial untuk Self Efficacy Siswa dan Implikasinya pada Bimbingan Konseling SMK Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta. Jurnal Hisbah. 12 (2). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Karlina, Lilis. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi NonFormal. 1 (1). Enrekang: Universitas Muhammadiyah Enrekang.

Kasman, Rusdi. (2013). Program Bimbingan Pribadi Sosial untuk Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa (Studi Pengembangan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Setu Bekasi). PSIKOPEDAGOGIA: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 2 (1). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Makmun, Abin Syamsudin. (2009). Psikologi Kepribadian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oktaviani, Luci. (2015). Implementasi Program Bimbingan Pribadi dan Sosial di SMK Pustek Serpong. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Salmiwati. (2017). Peran Bimbingan dan Konseling melalui Layanan Informasi dalam Membantu Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami. 3 (1). Padang: UIN Imam Bonjol.

Sumara, Dadan., Humaedi, Sahadi., dan Santoso, Meilanny Budiarti. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Penelitian dan PPM. 4 (2). Bandung: Universitas Padjadjaran.

Sukardi, Dewa Ketut. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan. Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wulandari, Ade. (2014). Karakteristik Pertumbuhan Perkembangan Remaja dan Implikasinya terhadap Masalah Kesehatan dan Keperawatannya. Jurnal Keperawatan Anak. 2 (1). Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.

Winkel, W.S., dan Hasturi, Sri. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, Syamsu. (2006). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yahya., dan Winarsih. (2016). Layanan Bimbingan Pribadi Sosial dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 3 (1). Lampung: IAIN Raden Intan Lampung.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.8633

Article Metrics

Abstract views : 1399| 146-151 views : 881

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: