Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Kartu Pecahan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar

Ida Sumaryana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi pecahan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan media kartu pecahan pada siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak semester I tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan. Pada siklus I rata-rata aktivitas siswa memperoleh skor 14,86 dengan persentase 74,32% (cukup baik), siklus II meningkat menjadi 18,07 dengan persentase 90,34% (sangat baik). Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata yang dicapai 70,45 dengan ketuntasan klasikal sebesar 68,18%. Pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai siswa 78,18 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 90,91%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan media kartu pecahan terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019.

Keywords


Aktivitas dan hasil belajar, Model problem based learning

Teks Lengkap:

161-169

Referensi


Amir, Taufiq. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2009.

Arends, L. Richard. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar . 2008.

Ginnis, Paul. Trik dan Taktik Mengajar (Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas). Jakarta. PT. Indeks. 2008

Kartika, Rufaidlilah. Kajian Kemanfaatan Alat Peraga. 2012. Diakses melalui Http://Bintangberceloteh.org.Com/2012/03/KajianKemanfaatan-AlatPerga.Html.

Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press. 2013

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2011

Rifai, Achmad dan Catharina Tri Anni. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press. 2009

Rusman. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers. 2010

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 2011

Shamsudin, Baharin. Kamus Matematika Bergambar untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Grasindo. 2012

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algresindo. 2010

Suprijono, Agus. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakara: Pustaka Pelajar. 2011

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2013




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.8667

Article Metrics

Abstract views : 225| 161-169 views : 89

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: