Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Pada Siswa Sekolah Dasar

Sulistiyo Sulistiyo

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar operasi hitung campuran melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas VI SD 1 Undaan Tengah semester I tahun pelajaran 2019/2020. Prosedur pelaksanaan dan implementasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan dua kali pertemuan. Pada akhir tindakan siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 74,07% meningkat pada siklus II menjadi 90,48%. Selanjutnya, nilai rata-rata kelas hasil tes formatif I mencapai 72,61 (69,57%) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 77,39(86,96%), sehingga mengalami peningkatan sebesar 17,39%. Disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi operasi hitung campuran pada siswa kelas VI SD 1 Undaan Tengah Kudus. Disarankan bahwa, pada proses pembelajaran guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta melibatkan aktivitas seluruh siswa.

Keywords


Aktivitas dan Hasil Belajar; Model Problem Based Learning

Teks Lengkap:

170-178

Referensi


Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Anni, Catharina Tri dkk. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Th. XXVI No. 1, 41-62.

Rusman, 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Saragih, sahetta. 2007. Penerapan Problem-Based Learning Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Forum kependidikan, volume 27, nomor 1 september 2007.

Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2012. Model-Model Pembelajaran. Gramedia Pustaka Jaya. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.8668

Article Metrics

Abstract views : 176| 170-178 views : 109

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: