Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Penemuan Terbimbing

Endang Supartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika khususnya materi statistika pada siswa kelas IX C SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang. Subyek penelitian adalah kelas IX C yang berjumlah siswa 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16  siswa. Pelaksanaannya bulan Januari sampai dengan Februari 2019 yang terdiri 2 siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode tes dan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan baik keaktifan siswa maupun hasil prestasi belajarnya. Siklus I, prosentase keaktifan siswa = 65,63 %, dan nilai rata-rata hasil prestasi = 74,53, sedangkan siklus II prosentase  keaktifan siswa 96,64,  rata-rata hasil prestasi = 82,34. Berdasarkan indikator keberhasilan, dan  hasil penelitian,   Pembelajaran Matematika melalui pendekatan kontekstual berbasis penemuan terbimbing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil prestasi matematika kelas IX C SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang

Keywords


Keaktifan Prestasi Belajar Penemuan Terbimbing

Teks Lengkap:

193-197

Referensi


Subchan, dkk. (2018). Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas IX. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Ismail, dkk. ( 2007 ). Pembaharuan dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.

Nasution Noehi, dkk. (2007). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.

Anitah W, Sri. ( 2007 ). Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.

Suharsimi Arikunto, dkk (2015 ). Penelitian Tindakan Kelas Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Zainal Aqib (2013) Model- Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif) Bandung : Yrama Widya.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2017) Kamus Besar bahasa Indonesia Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.8671

Article Metrics

Abstract views : 68| 193-197 views : 45

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: