Flipped-SAC dan Jurnal Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Biologi Sel
Abstract
Keywords
Teks Lengkap:
390-398Referensi
Agustini, M. (2021). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan model flipped classroom melalui aplikasi google classroom. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 280–289.
Bara, M. O., Rambitan, V. M. M., & Boleng, D. T. (2021). Pengembangan Strategi Belajar Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA SMAK Santo Fransiskus Assisi Samarinda. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1).
Dewi, N. (2020). Peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi virus dengan pembelajaran flipped classroom berbantukan media audio visual. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 47.
Farida, R., Alba, A., Kurniawan, R., & Zainuddin, Z. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Taksonomi Bloom Pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 104.
Karim, M., & Saptono, S. (2020). Penerapan Flipped Learning Pada Pembelajaran Daring Efek Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Man Salatiga Pada Materi Sel. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 3(1), 141–145.
Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model flipped classroom dan discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Prisma, 10(1), 17–29.
Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).
Marina, H., & Ridlo, S. (2021). The Effectiveness of Flipped Classroom to Improve Students’ Concept Understanding and Self Efficacy during the Covid-19 Pandemic. Journal of Biology Education, 10(1), 70–76.
Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap kemandirian belajar siswa ditinjau dari gaya kognitif siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(1), 38–49.
Puspaningsih, A. R. (2020). Penerapan biology interactive notebooks dalam flipped classroom untuk meningkatkan hasil belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 401–409.
Rahmadani, L., Fadilah, M., Darussyamsu, R., Fitri, R., & Farma, S. A. (2022). Analisis Penerapan Flipped Learning dalam Pembelajaran. Journal on Teacher Education, 3(3), 381–387.
Rhosyida, N., Muanifah, M. T., Trisniawati, T., & Hidayat, R. A. (2021). Mengoptimalkan Penilaian dengan Liveworksheet pada Flipped Classroom di SD. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(1), 568–578.
Rusdi, R., Evriyani, D., & Praharsih, D. K. (2016). Pengaruh model pembelajaran peer instruction flip dan flipped classroom terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 15–19.
Sinmas, W. F., Sundaygara, C., & Pranata, K. B. (2019). Pengaruh PBL Berbasis Flipped Class terhadap Prestasi ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(3), 14–20.
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.8929
Article Metrics


Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: