Ecoprint ; Cetak Motif Alam Ramah Lingkungan

Faridatun Faridatun

Abstract


Ecoprinting sebuah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang cukup sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik. Prinsip pembuatannya ecoprinting adalah, melalui kontak langsung antara daun, bunga, batang atau bagian tubuh lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu. dua teknik pewarnaan, yaitu teknik iron blanket dan teknik pounding. Dalam teknik iron blanket, langkah pertama yang dilakukan adalah mordanting (pembersihan kain dari kotoran). Proses mordanting ini sama saja seperti mencuci pakaian. sudah direndam dengan larutan cuka. Kemudian, gulung dengan pipa paralon lalu ikat dengan tali. Tahap terakhir, yaitu kukus kain yang telah diikat selama 2 jam. Dalam teknik pounding, proses dan cara pewarnaan kain sedikit berbeda dengan teknik iron blanket. Perbedaanya terletak pada dua tahap paling terakhir. Perbedaan pertama adalah pada teknik iron blanket menggulung kain menggunakan paralon untuk mengeluarkan warna daun pada kain, sedangkan pada teknik pounding memukul daun pada kain menggunakan palu kayu. Perbedaan kedua yaitu pada teknik iron blanket, pengeringan dilakukan dengan mengukus kain selama 2 jam, sedangkan pada teknik pounding proses pengeringan dilakukan dengan menjemur kain langsung di bawah sinar matahari.

Keywords


Ecoprint;Cetak Motif;Ramah Lingkungan

Teks Lengkap:

230-234

Referensi


Aprita, A. (2019, June 16). Batik Ecoprint Karya Eri Tembus Pasar Australia. TribunJogja.Com. Retrieved from https://jogja.tribunnews.com/2019/06/16/batik-ecoprint-karya-eri-tembus-pasar-australia Axel Kentaro, 24 Maret 2020 https://www.hipwee.com/list/pengunaan-teknik-ecoprint-untuk-perabotan-berbahan-kayu/BTN Kutai, 02 Mei 2019 http://ksdae.menlhk.go.id/info/5946/ecoprint-ekplorasi-keindahan-cetakan-alam.htmlChasanah, A. M. (2017). Batik Ecoprint, yang Sederhana Jadi Barang Mahal. Retrieved February 23, 2018, from http://wargajogja.net/bisnis/batik-eco-print-yang-sederhana-jadi-barang-mahal.htmlDaning Krisdianti, 13 Agustus 2021 https://wanaswara.com/mengenal-ecoprint/ Ecoprint : Teknik Mencetak pada Kain menggunakan TumbuhanUpik Wahyuni, 14 Mei 2019 https://mediacenter.slemankab.go.id/2019/05/14/batik-ecoprint-kontemporer-unik-dan-ramah-lingkungan/




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.9002

Article Metrics

Abstract views : 1113| 230-234 views : 4940

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: