Pembuatan Simulasi Gelombang Berjalan Untuk Pembelajaran Fisika Menggunakan Software Geogebra

Dwi Apriyanto Nugroho

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan simulasi gelombang berjalan untuk pembelajaran Fisika menggunakan software GeoGebra. Subjek pada penelitian ini adalah perangkat lunak GeoGebra. Simulasi yang dibuat dapat digunakan sebagai media ajar untuk memvisualisasikan gelombang berjalan dimana beberapa penekanan konsep dan hubungan antar variable pada gelombang dapat dijelaskan melalui media yang telah dibuat. Beberapa hal yang dapat ditekankan melalui simulasi ini adalah pengertian amplitudo, pengaruh kecepatan sudut tehadap arah gerak dan laju rambat gelombang, pengaruh bilangan gelombang terhadap panjang gelombang dan laju rambat gelombang, pengaruh rambatan gelombang terhadap pergerakan partikel, dan formulasi persamaan laju rambat gelombang berjalan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa perangkat lunak GeoGebra dapat digunakan dalam pembuatan simulasi gelombang berjalan serta dapat membantu guru dan siswa pada proses pembelajaran Fisika topik ajar gelombang berjalan.


Keywords


GeoGebra; Gelombang Berjalan

Teks Lengkap:

243-253

Referensi


Asbanu, D. E. S. I. (2021). Pemanfaatan Geogebra Untuk Visualisasi Gelombang Lissajous. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 9(3), 49–55.

Azizah, A. N., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2021). The Effectiveness of Software GeoGebra to Improve Visual Representation Ability. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1808(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1808/1/012059

Ceha, R., Prasetyaningsih, E., Bachtiar, I., & Nana S., A. (2016). Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian M asyarakat): 131-138. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 131–138.

Halim, A., Hamid, A., Zainuddin, Nurulwati, Herman, & Irwandi. (2021). Application of GeoGebra media in teaching the concept of particle kinematics in 1D and 2D. AIP Conference Proceedings, 2331(July). https://doi.org/10.1063/5.0041624

Handhika, J., & Sasono, M. (2021). Penggunaan perangkat lunak geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep vektor dan kinematika dalam kursus Fisika online. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 7(1), 1–12.

Praveen, S., & Leong, K. E. (2013). Effectiveness of Using Geogebra on Students ’ Understanding in Learning Circles. The Malaysian Online Journal of Educational Technology, 1(4), 1–11.

Solvang, L., & Haglund, J. (2018). GeoGebra In Physics Education. EDULEARN18.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.9142

Article Metrics

Abstract views : 655| 243-253 views : 716

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: