Model Pembimbingan Skripsi Berbasis Teknik Cognitive Retructuring Untuk Mengatasi Prokastinasi Akademik Pada Mahasiwa Tingkat Akhir

Edris Zamroni - [ https://orcid.org/0000-0003-0129-6862 ]
Sumarwiyah Sumarwiyah
Masturi Masturi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya mahasiswa mengalami masalah dalam penyelesaian tugas akhir, hasil pengamatan diketahui bahwa kecenderungan penyebab masalah yang mereka alami adalah prokastinasi akademik yang tinggi dalam menyelesaikan tugas akhir mereka. Tujuan penelitian ini adalah Menemukan Model Pembimbingan Skripsi berbasis Mahasiswang dengan Teknik Cognitive Restructuring dapat mengatasi Prokastinasi Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas Muria Kudus. Model pembimbingan skripsi yang dikembangkan mengacu pada langkah mahasiswang restrukturisasi kognitif untuk mereduksi perilaku irrasional mahasiswa yang memiliki prokastinasi akademik sehingga terlambat dalam menyelesaikan tugas akhir dan terlambat memperoleh gelar kesarjanaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  research and development dengan tahapan Penelitian awal dan pengumpulan informasi, Perencanaan, Pengembangan model hipotetik, Penelaahan model hipotetik, Revisi dan Uji coba terbatas.

Keywords


Pembimbingan Skripsi; Cognitive Restructuring; Prokastinasi Akademik

Teks Lengkap:

361-368

Referensi


Arikunto, S. 2005. Manejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Cormier, W.H. & Cormier, L.S. 1985. Interviewing Strategies for Helpers: Fundamental Skill Cognitive Behavioral Interventions. Monterey, California: Brooks/Cole Publishing Company. Nevid, J.S.R dan Greene B. 2005. Psikologi Abnormal Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: Penerbit Salemba. Dobson, D., & Dobson, K. S. 2009. Evidence-Based Practice of CognitiveBehavioral Therapy. New York: Guilford Press. Ghufron, N. dan Rini Risnawati. 2010. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruz Media. Janah, N.F. 2013. Pengaruh Layanan Konseling Klompok Dalam Meredukasi Prokrastinasi Akademik. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Semarang: Universitas PGRI Semarang. Kristanti, Y. hindari Kebiasaan Menunda Pekerjaan. Majalah Psikologi Plus Volume II No. 10. Edisi April 2008. Ramli, M. 2005 Terapi Perilaku Kognitif dalam Pendidikan dan Konseling di Era Global. Bandung: Rizqi Press. Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra Publishing. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA. Utaminigsih, S. 2012. Tipe Kribadian Dan Prokrastinasi Akademik Pada SMP ‘VIII’ Tangerang. Tesis (Tidak Diterbitkan). Jakarta: Universitas Esa Unggul. Wahyuningsih, E. 2011. Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Upaya Mengatasi Prilaku Prokrastinasi Akademik (penundaan tugas). Skripsi (Tidak Diterbitkan). Semarang: Universitas PGRI Semarang. Zamroni, E. (2019). Konseling Berbasis Kerafian Lokal Indonesia sebagai Upaya Penguatan Karakter Kebangsaan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 95-106.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.9503

Article Metrics

Abstract views : 143| 361-368 views : 67

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: