Grade Akademik dan Kedisiplinan Mahasiswa yang Menjalani Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19

Laelatul Anisah
Astrid Rizqa Widyastika
Heppy Syawalina Kusuma

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara Grit Akademik dan Kedisiplinan Mahasiswa yang Menjalani Pembelajaran secara Daring. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara Grit Akademik dan Kedisiplinan Mahasiswa. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan data adalah purposive sampling dengan jumlah partisipan sebanyak 50 mahasiswa. Adapun kriteria subjek antara lain mahasiswa yang mengikuti perkuliahan secara daring, usia 18-25 tahun, mahasiswa aktif semester 3 sampai 5. Hasil penelitian menujukkan adanya hubungan grit akademik dan kedisiplinan mahasiswa. Hal itu ditunjukkan oleh nilai koefisiensi dari kedua variabel, yaitu Rxy= 0,838 dengan FHitung= 1,158 (FHitung>3,150) dan P = 0,000 (p<0,01). Ada hubungan positif antara grit akademik dan kedisiplinan mahasiswa. Hal itu ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi pada variabel grit akademik dan kedisiplinan mahasiswa yang bernilai 70,2%. Artinya semakin tinggi tingkat grit akademik maka semakin tinggi pula tingkat kedisiplinan mahasiswa. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah tingkat grit akademik maka semakin rendah pula tingkat kedisiplinan mahasiswa. Presentase Sumbangan Efektif (SE) yang diberikan oleh variabel grit akademik dan kedisiplinan mahasiswa sebesar 70,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords


Grit Akademik; Kedisiplinan Mahasiswa ; Pembelajaran Daring

Teks Lengkap:

383-389

Referensi


Afni, Kharina. (2020). Dampak Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan. 6(2): 80-81.

Ardis, Nurfaida., Aliza, Mira. (2021). Grit as a Solution for Academic Stress in Students during the Covid-19 Pandemic: Grit sebagai solusi Stres Akademik pada Pelajar di Masa Pandemik Covid-19. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology. 1(1): 1-2.

Asrivi, Sevtivia Elvina Queen. (2020). Pembelajaran Daring Melalui Google Classroon Mata KuliahPembelajaran Tematik Terpadu Mahasiswa PGMI IAI Bakti Negara Tegal dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah PGSD. 4(2): 78-79.

Azwar. S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitriyani, Yani., Fauzi, Irfan., Sani, Mia Zultrianti. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Pendidikan. 6(2) : 165-175

Herdiana, Dian., Rudiana, Rana., Supriatna. (2021). Kejenuhan Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Daring dan Strategi Penanggulangannya. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2(1): 294-295.

Herliandry, Devi Luh., Nurhasanah., Suban, Enjelina Maria., Kuswanto Heru. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan. 22 (1): 66-67.

Khasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun., Pramudibyanto, Hascaryo., Widuroyekti, Barokah. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia. 10 (1) : 41-48

Larassati, Minten Ayu. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Edmodo Dalam Perkuliahan Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tambora. 4 (2A) :77-82

Pakpahan, Roida., Fitriani, Yuni. (2020). Analisa Pemanfataan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research. 4 (2), 30-31.

Rosdiana, Lilis Amaliyah., Sukawati, Sary., Firmansyah, Dida. (2020). Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Google Classroom Dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Semantik. 9 (1) :35-40

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.9572

Article Metrics

Abstract views : 126| 383-389 views : 81

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: