Keanekaragaman Hayati sebagai Sumber Inspirasi Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Seni Budaya

Edij Kismartanto

Abstract


Artikel bertujuan untuk memehami efektifitas penggunaan alam sekitar berupa keanekaragaman hayati sebagai materi utama untuk menciptakan produk-produk seni budaya. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan penelitian tindakan sekolah dengan subjek utama SMP Negeri 2 Tuntang. Materi utama yang disasar adalah materi hasilnya sumber inspirasi dalam mata pelajaran seni budaya materi gambar motif ragam hias dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, yaitu sekitar 91,89 % dari 37 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM. Peningkatan prestasi belajar  ini ditandai dengan bertambahnya siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebesar 59,46 % dari kondisi awal sebelum tindakan kelas ini. Siswa merasa senang dan mudah dalam mengerjakan tugas menggambar motif ragam hias dengan memanfaat keanekaragaman hayati sebagai sumber inspirasi. Selanjutnya guru bisa mencari alternatif pemecahan masalah yang dihadapi siswanya dalam kegiatan pembelajaran seni budaya khususnya materi gambar motif ragam hias agar siswa tidak mengalami kesulitan lagi, sehingga siswa merasa senang dan akhirnya prestasinya bisa  meningkat.

Keywords


Keanekaragaman Hayati; Inspirasi; Prestasi Belajar

Teks Lengkap:

517-523

Referensi


Amini, Fauziah. (2018). Profil Hasil Belajar Siswa SMA Pada Materi Keanekaragam Hayati Menggunakan Buku Catatan Interaktif. Thesis FKIP UNPAS. http://repository.unpas.ac.id/36457/

Indriani, Fenina. (2021). Studi Keanekatagaman Lichen Di Kampus IAIN Tulung Agung Sebagai Sumber Belajar Booklet. http://repo.uinsatu.ac.id/21144/5/BAB%20II.pdf

Madduppa, Hawis, dkk. (2018). Panduan Praktikum Keanekargaman Hayati Laut. Bandung: PT. Penerbit IPB. Press.

Nur Aini, Siti. (2021). Konsep Keanekaragaman Hayati Yang Harus Dipahami. https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/614ab281aa5ad/konep-keanekaragaman-hayati-yang-harus-dpahami. Di akses pada, 5 Maret 2022

Rahayuningsih, Sri dkk. (2018). Simbol Kearifan Lokal: Ragam Hias Pada Media Kertas. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Keaksaraan dan Kesetaraan

Rosyid, Moh Zaiful, dkk. (2019).Prestasi Belajar. Malang: CV. Literasi Nusantar.

Setyowati. (2020). Belajar Energi Bumi Dengan Kit IPA. Bandung: CV. Pilar Nusantara.

Surakhmad. Winarno. (2017). Pengertian Belajar. https://docplayer.info/40353016-li-tinjauan-pustaka-menurut-winarno-surakhmad-pengertian-belajar-yaitu-a-belajar-terjadi -dalam-situasi-yang-berarti-secara-individu-html. Di akses pada, 4 Maret 2022.

Yaumi, Muhamad. (2017). Prinsip prinsip disain Pambelajaran, Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.9720

Article Metrics

Abstract views : 209| 517-523 views : 186

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: