Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru SMP Negeri 3 Suruh

Fikri Syahnakri Annan
Umbu Tagela
Yustinus Windrawanto

Abstract


This study aims to determine the significance of the relationship between work motivation and teacher performance at SMP Negeri 3 Suruh, Semarang Regency. The type used in this research is correlational research. The sampling technique used in this research is technique total sampling  by taking as many as 30 teachers according to the population. The data in this study were taken using a scale technique with 4 alternative answers. The data obtained will then be analyzed using correlation techniques kendall’s tau-b with the help of programs IBM Statistics SPSS 25. The results showed that a correlation coefficient of 0.587** was obtained and a significance value of 0.000 (<0.01). These results indicate that there is a significant relationship between work motivation and teacher performance at SMP Negeri 3 Suruh, Semarang Regency.

Keywords


Hubungan;Motivasi Kerja;Kinerja Guru;

Teks Lengkap:

779-785

Referensi


Cahyono, B & Suharto. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia. Jurnal JRBI. Vol. 1, Yogyakarta

Ernita, E. 2019. Kontribusi Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMA N Koto Tengah Kota Padang. HIJRI, Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislaman.

Fattah, H. (2014). Perilaku Pemimpin & Kinerja Pegawai. Jakarta: Elmatera.

Gusman, H. E. (2020). Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 293-301.

Hamadi, K. Y. A. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMA Negeri 3 Salatiga (Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW). Diakses melalui https://repository.uksw.edu/handle/123456789/14171

Karo-Karo, A.A.P., Sari, L. P., & Hendrawan, D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penjaskesrek, 7(2), 218-232.

Khaedar, M. (2018). Hubungan Sikap Kerja Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Bersertifikasi Pada SDN Di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar (Skripsi, Universitas Negeri Makassar). Diakses melalui http://eprints.unm.ac.id/10333/

Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Oktaviani, N.K.W., & Putra, M. (2021). Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 294-302.

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja guru taman kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741-1753.

Putra, P.G.N., Dantes, K.R., & Ariawan, I.P.W. (2020). Hubungan Stres Kerja, Budaya Organisasi, Motivasi, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 118-128.

Rivai, V. & Sagala, E. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Santoso, M.B. & Umbu, T. (2018). Hubungan Bimbingan Belajar dengan Motivasi Belajar. Jurnal Tlutuh Sawo, 2(2).

Setiowati, R., Triwiyanto, T., & Zulkarnain, W. (2022). Hubungan Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Honorer Sekolah Menengah Atas Negeri. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(4), 318-328.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Tagela, U. (2018). Penilaian Kinerja Institusi. Jurnal Tlutuh Sawo, 1(1), 59-64.

Tari, W.U., Elly, R., & Mahmud, H.R. (2018). Hubungan Antara Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru SD Gugus Melati Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(4).

Uno, H.B. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Uno, H.B., & Nina, L. (2014). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v6i2.9737

Article Metrics

Abstract views : 45| 779-785 views : 15

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: