E-MODUL SUPLEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PATI

Sa'adah Sa'adah
Lintang Kironoratri
M. Syafruddin Kuryanto

Abstract


This study aims to develop supplementary e-modules for Indonesian language learning based on local wisdom. Research and development (R&D) is used as a method in this study by applying the Borg and Gall model. The feasibility of the e-module is assessed by 3 validators, namely the media validator, the material validator, and the user validator. The subjects in this study were the IV grade students at SDN Tegalharjo 02, which consisted of 6 students. Collecting data using observation techniques, interviews, and questionnaires. The results of the study stated that the developed e-module was feasible to use, as evidenced by the validation score of media experts obtaining a proportion of 87.5%, which means it was feasible, material expert validation obtained a proportion of 84%, which meant it was feasible, and user validation obtained a proportion of 98.8 % which means good. So, e-modules are good to use as learning supplements.

Keywords


E-Module Learning Supplements, Indonesian, Local Wisdom

Teks Lengkap:

553-561

Referensi


Anindira Patranita, E., Wirahayu, Y. A., Masruroh, H., & Soekamto, H. (2022). Pengembangan suplemen bahan ajar digital kelas X materi penginderaan jauh menggunakan Heyzine Flipbook. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(9), 888–898. https://doi.org/10.17977/um063v2i92022p888-898 Arifuddin. (2011). Pengaruh Penggunaan Buku Penunjang terhadap keberhasilan belajar IPS siswa kelas V SDN 003 Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun Pelajar. http://arifuddin-proposalptk.blogspot.com/2011/07/engaruh-penggunaan-buku-penunjang.html Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan validitas aitem. Buletin Psikologi. https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/13381 Bakhtiar, D. (2016). Bahan ajar berbasis kearifan lokal terintegrasi stm (sains, teknologi, dan masyarakat) pada mata pelajaran fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3712 Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. … : Jurnal Pendidikan Dan …. http://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/973 Fitriani, F., & Indriaturrahmi, I. (2020). Pengembangan e-modul sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MAN 1 Lombok Tengah. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4, 16–25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.165 Haeriyah, H., & Pujiastuti, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berbantuan Aplikasi Anyflip Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Primatika: Jurnal Pendidikan …. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/1047 Haka, N. B., Ermalia, E., & Putra, F. G. (2021). E-Modul Ekosistem Kearifan Lokal Lampung Barat Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Kelas X SMA. Journal Of Biology Education, 4(2), 124. https://doi.org/10.21043/jobe.v4i2.12085 Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47–65. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.22 Kironoratri. (2018). Pengembangan Buku Teks Sastra Anak Berbasis Kearifan Lokal Kudus sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. 63(2), 1–3. https://eprints.umk.ac.id/9340/ Kurnianti, D., Nugroho, A. A., & Sugiyono, T. (2021). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR TEMA 9 MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS TPACK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEMESTER 2 SD …. JURNAL HANDAYANI PGSD …, 12, 74–82. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/26233 Pratama, R. B., & Fikriyah, T. R. (2021). Pengembangan E-Modul Bemuatan Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sdn 2 Waruroyom. In Jurnal Kreatif …. download.garuda.kemdikbud.go.id. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2178669&val=5679&title=PENGEMBANGAN E-MODUL BEMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 2 WARUROYOM Retnawati, H. (2016). Validitas reliabilitas dan karakteristik butir. In Yogyakarta: Parama Publishing. Riana, R. (2020). Pembelajaran Sastra Bahasa Indonesia Di Sekolah. Warta Dharmawangsa, 14(3), 418–427. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i3.825 Riduwan, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Visual Basic Untuk Mengajar Teknik Pemrograman Di Kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/17/article/view/12696 Safaati, P. N., Nova, T., & Yunianta, H. (2022). Pengembangan EDUGSIA ( E-Modul Bangun Ruang Sisi Datar ) Berbasis Android Sebagai Suplemen Belajar Peserta Didik SMP Kelas VIII kehidupan , berisi tentang konsep garis , titik , bidang dan bangun ruang beserta sifat , ukuran , antara kurang mengerti konse. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1315–1324. Santika, A., & Sylvia, I. (2021). Efektivitas E-Modul Berbasis Anyflip untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Materi Peserta Didik pada Materi Nilai dan Norma Sosial Kelas X di SMA N 3 Payakumbuh. 2(4), 285–296. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembanagan. Bandung Alfabeta. Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV. Sultoni, A., & Hilmi, H. S. (2015). Pembelajaran Sastra Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Optimalisasi Pendidikan Karakter Kebangsaan Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). publikasiilmiah.ums.ac.id. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/6357




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v6i1.9809

Article Metrics

Abstract views : 164| 553-561 views : 124

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: