Edukasi Bijak Bersosial Media bagi Remaja dalam Pencegahan Kasus Cyberbullying

Mohammad Khoirul Annas
Tasya Nuzulul Rohmah
Cintya Ayu Wulansih
Windhy Prasasti
Salik Aulawi
Wuluh Putu Buana

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengatasi isu meningkatnya kasus cyberbullying di kalangan remaja dengan fokus pada pendekatan edukasi bijak dalam penggunaan media sosial. Tujuan utama pengabdian ini adalah memberikan pemahaman yang mendalam kepada remaja tentang konsekuensi cyberbullying, mendorong literasi digital yang lebih baik, dan mengembangkan perilaku online yang bertanggung jawab. Sosialisasi ini melibatkan siswa MTs NU Hasyim Asy’ari Kudus. Dengan menggunakan metode tanya jawab dan diskusi dengan siswa MTs NU Hasyim Asy’ari Kudus, tentang dampak media sosial terhadap interaksi sosial remaja dalam pencegahan kasus cyberbullying untuk mengumpulkan data dan perspektif yang beragam. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pendekatan edukasi bijak efektif dalam mengurangi insiden cyberbullying di kalangan remaja. Remaja yang terlibat dalam program ini mengalami peningkatan kesadaran akan risiko cyberbullying dan lebih cenderung mengadopsi perilaku online yang positif dan bertanggung jawab. Dalam jangka panjang, upaya ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan online yang lebih aman dan mendukung bagi remaja.

Keywords


edukasi; sosial media; remaja; cyberbullying

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anastasiaa Siwi Fatma Utami, N. B. (2018). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku CybebBullying pada Kalangan Remaja. Jurnal Humaniora , Vol 18 No 2 Hal 257-261.

Bauman, S. (2008). The Role Of Elemntary School Caunselors in Redusing School Bullying. The Elementary School Journal, Vol 108 No 5 Hal 363-372.

Chukwuere, J. E. (2021). Dampak Media Sosial terhadap Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Ilmu Informasi dan Keputusan Manajemen, Vol 24 No 2 Hal 1-15.

Dhari, B. (2021). Pengaruh Bullying terhadap Tingkat Kecemasan Sosial pada Korbannya.

Buletin KPYN, Vol 7 No 4 Hal 2477-1686.

Fitria Aulia Imani, A. K. (2021). Pencegahan Kasus Cyberbullying bagi Remaja Pengguna Sosial Media. Khidmat Sosial: Journal of Social Work and Social Services, Vol 2 No 1 Hal 74-83.

Hasanah, U., & Rondli, W. S. (2023). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi dalam Kurikulum Merdeka. ILUMINASI: Journal of Research in Education, 1(2), 113–124. https://doi.org/10.54168/iluminasi.v1i2.208

Istianatus Sunnah, N. D. (2020). Pembinaan Kesehatan Mental di Era Digital untuk Remaja “Stop Bullying, Bijaklah dalam Bersosial Media”. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), Vol 2 No 1 Hal 49-55.

Kuryanto, M. S., Santoso, D. A., Fardani, M. A., Rondli, W. S., & Hariyadi, A. (2023). PENDAMPINGAN SENAM WARGA PANTI PELAYANAN SOSIAL DISABILITAS SENSORIK NETRA (PPSDSN) PENDOWO KUDUS. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9526–9533. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19849

Lusia Abuk, D. I. (2019). Dampak Penggunaan Media Sosial Facebook terhadap Interaksi Sosial Remaja. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen, Vol 3 Hal 311-318.

Muhamad Ayub, S. F. (2022). Dampak Sosial Media terhadap Interaksi Sosial pada Remaja: Kajian Sistematik. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, Vol 7 No 1 Hal 21- 32.

Safaria, T. (2016). Prevalence and impact of cyberbullying in a sample of Indonesian junior high school students. The Turkish Online Journal of Educational Technology , Vol 5 No 1 Hal 82-91.

Salsabilla, M., Aditia Ismaya, E., & Shokib Rondli, W. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN PADA KURIKULUM MERDEKA MATERI MEMBANGUN JATI DIRI DALAM KEBINEKAAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK SISWA KELAS IV SDN 2 SADANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2053–2067. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1656

Setyorini, R. (2017). Pendidikan Karakter bagi Warga Negara sebagai Upaya Penanggulangan Cyberbullying. Jurnal PPKn , Vol 5 No 2 Hal 67-68.

Susanti, E., Dwi Ardianti, S., & Agung Santoso, D. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2416–2425. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.987

Umiatun, H., Fajrie, N., & Rondli, W. S. (2023). IMPLEMENTATION OF LOCAL WISDOM-BASED SCHOOL THROUGH DANCE EXTRACURRICULAR IN THE NGREKSO BUWONO DANCE. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 9(2), 156. https://doi.org/10.30870/jpsd.v9i2.21277

Utami, Y. C. (2014). Cyberbullying di Kalangan Remaja (Studi tentang Korban Cyberbullying di Kalangan Remaja di Surabaya). Journal Unair, Vol 3 No 3 Hal 1- 10.

Zahro Malihah, A. A. (2018). Perilaku Cyberbullying pada Remaja dan Kaitannya dengan Kontrol Diri dan Komunikasi Orang Tua. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, Vol 11 No 2 Hal 145-156.




DOI: https://doi.org/10.24176/jmpm.v1i1.11832

Article Metrics

Abstract views : 109| PDF views : 80

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Jurnal Muria Pengabdian Masyarakat (JMPM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Dedicated to: