Pengembangan Buku Transportasi Darat Berbasis Project Based Learning Untuk Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab Sosial
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akmaliah, M., Hasanah, T., & Arifin, M. Z. (2022). Strategi Pembelajaran Kooperatif dapat Meningkatkan Karakter Gotong Royong Anak Sekolah Dasar. Primer Edukasi Journal, 1(1), 25-33.
Anggara, S. A. (2017). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa. Arabi: Journal of Arabic Studies, 2(2), 186-196.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.
Astuti, L. D., & Nugrahanta, G. A. (2023). Memupuk Karakter Tanggung Jawab Sosial Anak Usia 10-12 Tahun Melalui Pemainan Tradisional. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 83-96.
Astuti, N. D. (2019). Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa dengan Reward Sticker Picture Di Kelas III. BASIC EDUCATION, 8(4), 370-380.
Attaftazani, M., & Setiawan, A. (2020). Integrasi Interkoneksi Permainan Congklak dengan Quran sebagai Pendidikan Karakter Anak Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 10-16.
Dewi, A. P., Putri, A., Anfira, D. K., & Prayitno, B. A. (2020). Profil Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa pada Rumpun Pendidikan MIPA. PEDAGOGIA, 18(1), 57-72.
Fadliansyah, F. (2022). Peningkatan Sikap Karakter Mandiri Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Pada Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan), 1(1), 11-20.
Gutiawati, T. A., & Wulansari, B. Y. (2022). Pengembangan Tema Budaya Lokal Ponoragan Untuk Membentuk Karakter Cinta Tanah Air Dalam Kurikulum PAUD. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 167-181.
Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307-314.
Hariana, K., Rizal, R., Surahman, S., Lapasere, S., & Aqil, M. (2022). Konstruktivisme Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Problematika Pendidikan Seni Anak. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 8(1), 378133.
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).
Hasni, U., & Amanda, R. S. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 1-11.
Irfana, S., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education, 1(1), 56-64.
Israwaty, I., & Asdar, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. JUARA SD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2.
Jannah, R. A. M., & Marzuki, I. (2023). Optimalisasi Penggunaan Metode Word Square Dan Scramble Dalam Menumbuhkan Karakter Peserta Didik Pancasila di UPT SD Negeri 119 Gresik. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 54-67.
Karomatunnisa, A. Z. A., Sholih, J. A. U., Hanifah, N., & Prihantini, P. (2022). Meta Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan eterampilan Abad 21. Jurnal pendidikan sosiologi dan humaniora, 13(2), 522-528.
Kumalaretna, W. N. D., & Mulyono, M. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 195-205.
Labudasari, E. (2018). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2018. STKIP Bina Bangsa Getsempena.
Languju, M. C., Syaikhu, A., & Nadar, W. (2021). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Verbal melalui Project Based Learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 74-82).
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 3(4), 1082-1092.
Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 Sd. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 6(4.1).
Nugrahanta, G. A., Parmadi, E. H., Suparmo, P. M., Sekarningrum, H. R. V., Swandewi, N. K., & Prasanti, F. T. V. (2022). Pengaruh Program Literasi Berbasis Pendekatan Montessori Terhadap Karakter Integritas Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 169-180.
Nurul‘Azizah, A., & Wardani, N. S. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 194-204.
Nurussholihah, A., & Abdullah, K. (2022). Strategi Pembentukan Karakter Disiplin dan Bertanggung Jawab Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 961-974.
Oktavimadiana, S., & Nugrahanta, G. A. (2022). Membina Karakter Leadership Anak Usia 7-9 Tahun Dengan Permainan Tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 185-201.
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Puspitasari, N. R., & Al Baqi, S. (2022). Mengembangkan Kemampuan Sosial Melalui Pendekatan Project Based Learning Kelompok B. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 30-39.
Rahayuningtyas, D. I., & Mustadi, A. (2018). Analisis muatan nilai karakter pada buku ajar kurikulum 2013 pegangan guru dan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2).
Rizkasari, E., Rahman, I. H., & Aji, P. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14514-14520.
Rizqiyati, I., Wardani, A., Fadholi, Z. R., & Dewi, N. R. (2023). Penelitian Teori Perkembangan Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Usia 11-12 Tahun Terhadap Hukum Kekekalan Volume. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 6, pp. 634-638).
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Janah, R. M. M., Thifana, A. R., Susanti, R., & Marini, F. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning pada Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3678-3684.
Rusiyono, R., & Apriani, A. N. (2020). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Pada Siswa SD. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 11-19.
Safitri, S. A., & Rizki, N. A. (2024). Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Boarding-School. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 393-400.
Sanggita, D. T., & Nugrahanta, G. A. (2022). Peran Permainan Tradisional Guna Menguatkan Karakter Kebaikan Hati ada Anak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 79-93.
Santoso, D. A. (2023). Analysis of Critical Thinking and Self-regulation in Blended Method, Module-aided, Problem-Based Learning. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 145-152.
Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 119-131.
Sari, M. K., & Nugrahanta, G. A. (2022). Peran Permainan Tradisional Untuk Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Sosial Anak Usia 7-9 Tahun. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7653-7665.
Solihat, A., Panjaitan, R. L., & Djuanda, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 451-460.
Suciati, R. D., Mahardhani, A. J., & Kristiana, D. (2022). Mitigasi Bencana untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 123-129.
Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky dan interdepedensi Sosial sebagai Landasan Teori dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 231-239.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk eningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 6(1).
Suswandari, M., Suryani, L., & Budiwan, J. (2022). Pola Asuh Orangtua dalam Mendidik Karakter Tanggungjawab Sosial Anak di Masa Pandemi. Civics Education and Social Science Journal (Cessj), 4(1), 23-34.
Sutrisno, C., & Zuchdi, D. (2023). Analisis Muatan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Desain Pendidikan Karakter pada Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 23(2), 189-200.
Toruan, M. A. L., & Surya, E. (2023). Analysis Of The Effect Of Blended Learning Models Towards Mathematical Student’s Problem Solving Abilities And Self-Regulated Learning. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 219-229.
Ulfah, M. (2023). Perilaku Membuang Sampah pada Siswa Sekolah Dasar 85 Palembang. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA (JKSP), 6(2), 442-449.
Yusra, R., Ishaq, G. M., Septiva, S. D., & Gusmaneli, G. (2023). Strategi Pembelajaran Scaffolding Dalam Membentuk Kemandirian Mahasiswa. Khazanah Pendidikan, 17(2), 28-32.
Wulansari, B. Y. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Alam Sebagai Alternatif Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal dimensi pendidikan dan pembelajaran, 5(2), 95-105.
Yonanda, D. P., Masfuah, S., & Santoso, D. A. (2025). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Avisca Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Kelas IV SDN Tamansari 03. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 13(1), 287-302.
Zahro, A. F., Zaulhaq, H. M., Fitri, R., & Khotimah, N. (2024). Pengaruh PjBL-STEAM terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 513-524.
DOI: https://doi.org/10.24176/re.v15i2.13984
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Visitors: