Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Mempertahankan Nilai Kearifan Lokal di Sekolah Dasar

Revi Mariska Nugraheni, Galih Mahardika Christian Putra

Sari


The aim of this research is to describe the form of activity implementation, the role of teachers and principals and the supporting and inhibiting factors in instilling local wisdom values in students through the Pancasila student profile strengthening project.The research method used is descriptive qualitative. The data collection techniques used were non-participatory observation, in-depth interviews, and documentation. The data validity technique used source triangulation. The informants in this study were teachers, students, and the principal of SDN 2 Sendangsari. The data analysis technique used is the Miles & Huberman data analysis model.The results of the study state that the project activities to strengthen the profile of Pancasila students focus on the theme of local wisdom. The project of strengthening the profile of Pancasila students with the theme of local wisdom is grouped into three potentials, namely natural, social and cultural potentials. The form of activities with natural potential is planting and harvesting in vegetable gardens, activities with social potential are visits to home industries engaged in the local wisdom sector, while activities with cultural potential include dance, music, and traditional food. The role of teachers in fostering the value of local wisdom is as activity planners, facilitators, and role models. The principal's role in fostering the value of local wisdom is as a supervisor, motivator, and evaluator. Supporting factors include creative teachers, environmental conditions, parents, and students. The inhibiting factors include budget, geographical condition, and external agenda.


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan kegiatan, peran guru dan kepala sekolah dan faktor pendukung serta penghambat dalam menanamkan nilai-nilai kearifan lokal pada peserta didik melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi nonpartisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Informan dalam penelitian ini adalah guru, peserta didik, dan kepala sekolah SDN 2 Sendangsari. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis data Miles & Huberman. Hasil penelitian menyatakan bahwa kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila berfokus pada tema kearifan lokal. Projek penguatan profil pelajar Pancasila tema kearifan lokal dikelompokkan menjadi tiga potensi yaitu potensi alam, sosial, dan budaya. Bentuk kegiatan dengan potensi alam yaitu penanaman dan panen di kebun sayur, kegiaran dengan potensi sosial yaitu kunjungan ke industri rumahan yang bergerak di sektor kearifan lokal, sedangkan kegiatan dengan potensi budaya mencakup tarian, musik, hingga makanan tradisional. Peran guru dalam menumbuhkan nilai kearifan lokal yaitu sebagai perencana kegiatan, fasilitator, dan contoh teladan. Peran kepala sekolah dalam menumbuhkan nilai kearifan lokal yaitu sebagai pengawas, motivator, dan evaluator. Faktor pendukung meliputi guru kreatif, kondisi lingkungan, orangtua, dan peserta didik. Faktor penghambat meliputi anggaran, kondisi geografis, dan agenda eksternal



Kata Kunci


P5; local wisdom; the role of teachers and principals.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baderiah, Baderiah, and Ahmad Munawir. 2024. “Harmonizing Local Wisdom with Islamic Values.” International Journal of Asian Education 5(1):63–75. doi: 10.46966/ijae.v5i1.374.

Belawati Pandiangan, Anjani Putri, Resti Novia Rahayu, and Ainun Zasha Khairunniza Reynaldy. 2024. “Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tentang Kearifan Lokal Pada Kurikulum Merdeka Di MIN 1 Kutai Timur.” Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation 3(1):28. doi: 10.21927/ijeeti.2024.3(1).28-39.

Fiantika, Feny Rita, Mohammad Wasil, and Sri Jumiyati. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif.

Fitriani. 2024. “Pembelajaran Agama Islam Tingkat Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Di Luar Kelas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di SD Muhammadiyah Sigambal.” 89–92.

Hamidah, Hana Rifa, Laili Nur Istiqomah, and Mita Rahma Aisyah. 2024. “Manfaatan Kearifan Lokal Sebagai Media Pembelajaran: Permainan Tradisional Congklak Untuk Mengajarkan Operasi Perkalian Di Sekolah Dasar.” Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series 16(1):1–23.

Jupri, Ahmad. 2019. KEARIFAN LOKAL UNTUK KONSERVASI MATA AIR. LPPM Unram Press.

Kepmendikbudristekdikti. 2022. “Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.” Menpendikbudristek 1–112.

Kohar DA, Abdullah A, Destian I, Jahari J, and Erihadiana M. 2024. “Analisis Pelaksanaan Supervisi Akademik Sekolah, Faktor Pendukung Dan Penghambatnya.” Jurnal Educatio 10(2):695–705.

Kristin, Firosalia. 2024. “Pendampingan Kegiatan P5 Tema ‘Kearifan Lokal’ Bagi Siswa Kelas 5 Sd.” JAMAS : Jurnal Abdi Masyarakat 2(2):520–22. doi: 10.62085/jms.v2i2.115.

Latifah, Umi, Tri Joko Raharjo, and Agus Yuwono. 2024. “IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFILPELAJAR PANCASILA(P5) KURIKULUM MERDEKA TEMA KEARIFAN LOKAL DALAMPENGUATANKARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR.” Pendas: Jurnal Ilmiah PendidikanDasar 09(September).

Lestari, Nurdiyah, P., and Slamet Suyanto. 2024. “A Systematic Literature Review about Local Wisdom and Sustainability: Contribution and Recommendation to Science Education.” Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education 20(2):1–19. doi: 10.29333/ejmste/14152.

Mea, Firmina, Sekolah Tinggi, Agama Kristen, Anak Bangsa, Kreativitas Guru, Inovasi Guru, and Kelas Dinamis. 2024. “KREATIVITAS DAN INOVASI GURU DALAM MENCIPTAKAN.” 4(3):252–75.

Mimin, Elka. 2023. “Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dengan Kurikulum PAUD: Strategi Mewujudkan Siswa PAUD Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Golden Age 7(01):93–104.

Mu, Nur, Muhammad Imam Khaudli, and Siti Aimah. 2024. “Supervision of Education and Implementation of Santri Character Formation in Pesantren.” 8(1):141–49.

Muhammad, Mahmuda Mulia. 2022. “Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Kearifan Lokal.” Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Ekonomi Syari’ah 3:119–27. doi: 10.24252/iqtishaduna.v3i2.27524.

Nasution, Abdul Fattah. 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Harfa Creative.

Nurindah, Susanto Rustanto Moh, Murtono, Yulianti. 2024. “Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Negeri 2 Pagerejo.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09:2079–91.

Pahriah. 2021. Buku Ajar: Teori Belajar.

Puspita, H., F. M. Firdaus, and S. P. Kawuryan. 2024. “Self-Directed Learning Model Based on Local Wisdom Values on Student Learning Outcomes.” Journal of Innovation in Educational … 5(1):22–28. doi: 10.46843/jiecr.v5i1.839.

Rianti, Wida. 2024. “Pengaruh Strategi Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan P5 Oleh Guru Sekolah Dasar Negeri 014 Beringin Makmur The Influence of Principal ’ s Strategy on the Implementation of P5 by Teachers at SD Negeri 014 Beringin Makmur.”

Rizkia Nurul Wafa, and Ibnu Muthi. 2024. “Pengaruh Partisipasi Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 4(3):244–50. doi: 10.55606/khatulistiwa.v4i3.3998.

Sa’diyah, Nai’lis, Erna Zumrotun, and Syailin Nichla Choirin Attalina. 2024. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kearifan Lokal Permainan Tradisional Layang Layang Di Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran 4(2):1367–82. doi: 10.51574/jrip.v4i2.1681.

Safitri, S. L. D. A., Santoso, D. A., & Kuryanto, M. S. (2024). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Melalui Pendekatan Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Absis: Mathematics Education Journal, 6(2), 106-111.

Saleh Sirajuddin. 2017. Analisis Data Kualitatif. Vol. 1.

Santoso, D. A. (2023). Analysis of Critical Thinking and Self-regulation in Blended Method, Module-aided, Problem-Based Learning. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 145-152.

Sintya, Desti Dewi, Dinda Astra Prastiwi, and Tania Puti Khansa. 2024. “Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran IPS.” Cendekia Pendidikan 4(4):50–54.

Tohari, Begjo, and Ainur Rahman. 2024. “Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky Dan Jerome: Model Pembelajaran Aktif Dalam Pengembangan Kognitif Anak.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 4(1):209–28.

Wahyudi, Agung, and Bash Asbe Edward. 2024. “Implementation School Based Local Wisdom in the Learning Process in Elementary Schools.” 5(3):116–25. doi: 10.37251/jber.v5i3.1097.




DOI: https://doi.org/10.24176/re.v15i2.14324

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

 

Visitors:

Free counters!