Pengembangan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Asfar dkk. (2019). Teori Behaviorisme (Theory of Behaviorism).
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468-468.
Ghonia, B., & Putra, G. M. C. (2024). Development of Quartet Qr Code Card Learning Media to Improve Social Science Learning Outcomes for Grade V Elementary School. Jurnal Cakrawala Pendas, 10(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v10i39960
Hasan dkk. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.
Kamelia, F., & Wulandari, D. (2024). Development of Educational Monopoly Learning Media in Science Subjects to Improve Students Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(9), 6777–6789. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i9.7351
Kurniawati, L., Ganda, N., & Mulyadiprana, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran IPS SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Kusumawardhani, R., & Astuti, N. D. (2024). Pengantar Statistika & Analisis dengan SPSS. CV. Ruang Tentor.
Lestari, K. I., Dewi, N. K., & Hasanah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli pada Tema Perkembangan Teknologi untuk Siswa Kelas III di SDN 8 Sokong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 275–282. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.219
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. JSER Journal of Science and Education Research, 1(1). https://jurnal.insanmulia.or.id/index.php/jser/
Nurhasanudin, M. R., & Syah, E. F. (2022). Pengaruh Media Monopoli pada Karangan Deskripsi di Kelas V SDN Cikupa 4 Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1230-1239.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.
Prayogo, B. A., Trimurtini., & Sukarjo. (2017). Permainan Monopoli sebagai Media Pembelajaran Matematika. Joyful Learning Journal, 6(4), 228-233. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj
Purwanto, M. N. (2020). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putra, M. J. A., & Nisa, M. (2021). The Development of Monopoly Game as Media for Science Learning at Elementary School. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1786–1798. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.482
Putri dkk. (2023). Pengaplikasian Uji T dalam Penelitian Eksperimen. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(3), 1978-1987. https://doi.org/10.46306/lb.v4i3
Rahman, S. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Risma, R., Bua, A. T., & Annisa, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Tema Ekosistem untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 92–100. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/
Safitri, S. L. D. A., Santoso, D. A., & Kuryanto, M. S. (2024). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Melalui Pendekatan Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Absis: Mathematics Education Journal, 6(2), 106-111.
Sari, Y. P., & Senen, A. (2021). Efektivitas Media Komik Foto untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. Yogyakarta: Suryacahya.
Syalfifi, E., Syarif Sumantri, M., & Yatima, D. (2019). Implementation of Word Monopoly as a Learning Media to Improve Creative and Moral Attitudes in the Students of Class IV Students in Grade IV of SDN Srengseng Sawah 15 Pagi. American Journal of Educational Research, 7(1), 97–103. https://doi.org/10.12691/education-7-1-15
Ulfaeni, S., Wakhyudin, H., & Saputra, H. J. (2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 136-144.
Widodo, B. J., & Hanifah, B. A. (2020). Pengembangan Media Monopoli Aksara Jawa Untuk Pembelajaran Membaca Aksara Jawa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1(02), 19-28.
Wulandari dkk. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.
Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1
DOI: https://doi.org/10.24176/re.v15i2.14623
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Visitors: