PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS ISLAMI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI ANAK USIA DINI

Indah Lestari

Sari


Pelayanan bimbingan dan konseling di lembaga pendidikan anak usia dini dilaksanakan terintegrasi dengan kegiatan pengembangan yang dilakukan oleh pendidik anak usia dini yang ditandai dengan adanya pemahaman yang menyeluruh terhadap karakteristik anak dengan segenap potensinya melalui media permainan.

Inovasi media pelayanan bimbingan dan konseling yang sarat akan nilai sangat diperlukan untuk menyeimbangkan permainan-permainan yang sekarang sudah marak beredar di zaman serba teknologi ini yang kurang memberikan penanaman moral kepada anak usia dini,salah satu aspek yang dapat mendorong percepatan meningkatnya moral anak melalui sentuhan nilai-nilai agama. Hal ini mendasari peneliti untuk mengembangan media bimbingan dan konseling berbasis islami untuk membentuk karakter mandiri anak usia dini kabupeten kudus

Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan media yang tepat dan berhasil guna, jenis penelitian yang digunakan adalah design reseach. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dapat merangsang dan meningkatkan kemandirian siswa dalam suasana bermain yang menyenangkan.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/re.v5i1.434

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Statistic:

Collaborate With:

Our Journal Indexed and Registered in:

 Tools:

Anti Plagiarism:

Free counters!

Dedicated to:

Jurnal Refleksi Edukatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.