LAYANAN INFORMASI BERBASIS PENGUKURAN PSIKOLOGI UNTUK KEMANTAPAN PEMILIHAN STUDI LANJUT SISWA KELAS XII IPA 5 SMAN 1 BAE KUDUS TAHUN 2014 / 2015

Istiah -

Abstract


Latar belakang penelitian adalah banyak siswa mengalami kebingungan dalam merencanakan studi lanjut. Banyak yang memilih program studi yang dianggap populer tanpa mempertimbangkan potensi diri, banyak juga yang memilih program studi karena kemauan orang tua, terpengaruh kelompoknya, teman akrab dan pengaruh lainnya, dan mengesampingkan berbagai potensi yang ada pada dirinya.Rumusan masalah : Apakah dengan penerapan layanan informasi berbasis pengukuran psikologi dapat meningkatkan kemantapan siswa dalam memilih program studi di perguruan tinggi ? Tujuan penelitian : Meningkatkan kualitas layanan Informasi tentang program studi pada perguruan tinggi dan. meningkatkan kemantapkan siswa menentukan pemilihan program studi sehingga akan memperlancar studi dan karir mereka dimasa depan. Hipotesa penelitian adalah Dengan Layanan Informasi Berbasis Pengukuran Psikologi akan Menambah Kemantapan Pemilihan Studi Lanjut Pada Siswa Kelas XII IPA 5 SMAN 1 Bae Kudus Tahun 2014 / 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling melalui 2 siklus. Subyek adalah Siswa Kelas XII IPA 5 SMAN 1 Bae Kudus. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah layanan informasi berbasis pengukuran psikologi Variabel Terikat dalam penelitian ini adalah Pemilihan Program Studi diperguruan tinggi kelak setelah lulus SMA . Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, Angket, Observasi, Foto dan Analisa dokumen. Analisa data menggunakan analisa data deskriptif, persentase dan analisa kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan Kemantapan siswa dalam menentukan pilihan program studi sebanyak 84,37 % sedangkan yang belum meningkat 15,63% Dari hasil observasi oleh kolaborator menunjukkan bahwa siswa sangat antusias mengikuti layanan ini mulai dari pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir. Guru BK selaku peneliti menunjukkan keseriusan dan menyampaikan materi secara sistimatis serta selalu meningkatkan kemampuan dalam melakukan layanan informasi dengan disertai Penggunaan multi media secara optimal mulai pertemuan 1 sampai dengan pertemuan terakhir atau ke 4 Dari Laiseg juga menunjukkan peningkatan kemantapan siswa secara bertahap, dengan gambaran Pertemuan pertama 21, 87 % , Pertemuan kedua 37.50 %, Pertemuan ketiga 62,50 %, pertemuan keempat 84,38%%

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/re.v5i1.441

Article Metrics

Abstract views : 288| PDF views : 664

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

 

Visitors:

Free counters!