PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING ANG LEARNING MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD 1 PEGANJARAN KUDUS

Khakim -
Sri Utaminingsih
Fina Fakhriyah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis hasil belajar siswa dengan penerapan model Contextual Teaching And Learning dengan memanfaatkan lingkungan sekitar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya mata pelajaran IPA kelas V SD 1 Peganjaran Kudus.

Hasil penelitian siklus I keterampilan guru mencapai persentase ketuntasan 76.87% baik dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 84.37% dengan kriteria baik. Hasil belajar IPA siswa ranah kognitif pada siklus I 52.63% dan pada siklus II meningkat menjadi 84.21%. Hasil belajar IPA ranah afektif siswa siklus I mencapai persentase 56.67% dengan kriteria cukup dan siklus II meningkat menjadi 87.23% dengan kriteria baik dan ranah psikomotorik siswa siklus I mencapai persentase 56.57% dengan kriteria cukup dan siklus II meningkat menjadi 83.41% dengan kriteria baik.

Simpulan pada penelitian ini yakni dengan menggunakan model CTL melalui lingkungan sekitar dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD 1 Peganjaran Kudus. Peneliti menyarankan agar penggunaan model CTL dapat diterapkan oleh setiap pengajar dan dikembangkan melalui pemanfaatan lingkungan sekitar sehingga siswa bisa mudah dalam menyerap pelajaran.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/re.v5i1.448

Article Metrics

Abstract views : 286| PDF views : 419

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

free hit counter View My Stats

Collaborate with:

 

 

Visitors:

Free counters!