MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 DI SD N KARANGTOWO

Suratmi - -

Abstract


Pembelajaran IPA di SD adalah pembelajaran yang dasar yang harus dipahami siswa untuk memahami berbagai permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangtowo Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak dengan jumlah siswa 27 siswa. Permasalahan yang dibahas yaitu bagaimana meningkatkan prestasi belajar serta perubahan perilaku setelah melakukan pembelajaran IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan pada siswa kelas IV SD Negeri Karangtowo Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak setelah pembelajaran menggunakan metode STAD dengan penerapan CD Pembelaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap-tiap tindakan siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum melakukan tindakan dilakukan terlebih dahulu pembelajaran pra siklus, yang digunakan sebagai dasar dilaksanakan tindakan perbaikan.

Hasil tes awal sebelum diadakannya tindakan penelitian, yaitu pada prasiklus nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 66,30. Karena nilai yang didapat siswa dalam pembelajaran IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan masih dirasa sangat kurang, sehingga perlu dilaksanakan perbaikan pembelajaran siklus I. Pada tindakan siklus I nilai rata-rata kelas diperoleh sebesar 78,89. Nilai yang dicapai siswa pada siklus I sudah mengalami peningkatan yang cukup drastis,namun nilai yang dicapai masih cukup banyak yang belum mencapai standar minimum dalam KKM yaitu 73,00. Disamping itu, partisipasi siswa dalam pembelajaran massih belum aktif. Masih banyak cukup banyak siswa yang malu-malu dalam menyampaikan pendapat maupun bertanya. Tetapi partisipasi siswa dalam pembelajaran siklus I jauh lebih baik dari pada sebelum dilaksanakannya tindakan. Berdasarkan hasil yang dicapai, maka perlu diadakannya perbaikan pada siklus II. Pada tindakan siklus II nilai yang dicapai siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu meningkat sebesar 86,30. Antusiasme siswa dan ratisipasi siswa dalam pembelajaran siklus II jauh lebih baik. Sudah banyak siswa yang berani bertanya dan menjawab berbagai hal yang berhubungan dengan pemebelajaran IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/re.v7i1.903

Article Metrics

Abstract views : 228| PDF views : 234

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

free hit counter View My Stats

Collaborate with:

 

 

Visitors:

Free counters!