PENGGUNAAN STRATEGI MIND MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN I WONOREJO DEMAK

Lilis Triana

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajarsiswa kelas V pada mata pelajaran IPS menggunakan strategi pembelajaran Mind Mappingberbasis multimedia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK)yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN I WonorejoDemak yang berjumlah 29 siswa. Data hasil penelitian ini diperoleh melalui aktivitas guru,aktivitas siswa dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptifkualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I sebesar60%, sedangkan pada siklus II skor aktivitas guru meningkat menjadi 80%. Aktivitas siswa padasiklus I sebesar 60%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 97%. Sementaraitu hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan klasikal mencapai 59%dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikan mencapai 86,25%.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/re.v7i1.911

Article Metrics

Abstract views : 252| PDF views : 640

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

free hit counter View My Stats

Collaborate with:

 

 

Visitors:

Free counters!