Pelaksanaan Pelayanan Publik Terhadap Peningkatan Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus

Dhiaswara Firdaus
Suparnyo Suparnyo

Abstract


Penelitian yang berjudul Pelaksanaan Pelayanan Publik Terhadap Peningkatan Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dan pelayanan publik di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus sudah mampu meningkatkan kepuasan masyarakat. Metode dalam penulisan tesis ini  menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, yang artinya penelitian ini dikaji dengan melihat penemuan fakta-fakta di lapangan yang dijadikan dasar oleh penulis sebagai data yang diperoleh dari lapangan sesuai dengan kenyataan yang ada, penulisan ini bersifat deskriptif analitis. Permasalahan penelitian ini dianalisis dengan teori keadilan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus adalah dengan menerapkan yang pertama transparansi dalam hal ini, melalui Standar Operasional Prosedur (SOP) dijamin adanya transparansi, serta terbuka bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan informasi balik tentang perlakuan pelayanan melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan pelayanan publik di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus sudah mampu meningkatkan kepuasan masyarakat adalah dengan cara peningkatan sumber daya manusia, peningkatan sarana dan prasarana, penambahan personil, menerapkan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) dalam pelayanan.

 


Keywords


Pelayanan Publik, Peningkatan Kepuasan Masyarakat, Kantor Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus.

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Abdul Rosid dalam Osborne, David dan Ted Gaebler, 2016, Mewirausahakan Birokrasi - Mentransformasikan Semangat Wirausaha ke Dalam Sektor Publik ((Reinventing Government - How The Enterpreneurship Spirit in Transforming the publik Sector). PPM, Jakarta.

Bambang Marhijanto, 2019, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Masa Kini, Terbit Terang, Surabaya.

Departemen Pendidikan Nasional, 2018, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.

Gibson James, Ivancevich dan James H Donnely JR, 2019, Organisasi Perilaku Struktur, Proses, Bina Aksara Jilid 1, Jakarta.

John B. Miner, 2018, Organizational Behaviour Performance Productivity, 5th Edition Random House.Inc, New York.

Joko Widodo, 2021, Good Governance, Insan Cendekia, Surabaya.

Lembaga Administrasi Negara, 2023, Penyusunan Standar Pelayanan Publik, LAN, Jakarta.

Lovelock, Christopher, 2022, Services Marketing in Asia : Managing People,Technology and Strategy. Prentice Hall, New Delhi.

Miftah Thoha, 2008, Ilmu Administrasi Publik Kontemporer, Kencana Media, Jakarta.

Nystorm dan Starbuck, 2021, Hand Book of Organization Design, University Press, Oxford.

Parasuraman dan Zeithami, 2015, ”Kualitas Pelayanan”,Media Wacana, Yogyakarta.

Parasuraman, A., Zeithalm, V, dan Berry L, 2019, SERVQUAL: A Multiple item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retaliling, New York.

Prijono Tjiptoherijanto, 2014, Kependudukan Birokrasi dan Reformasi Ekonomi; Pemikiran dan Gagasan Masa Depan Pembangunan, Rineka Cipta, Jakarta.

Romzek, B. S., & Ingraham, 2020, P.. Cross pressures of accountability: Initiative, command, and failure in the Ron Brown plane crash. Publik Administration Review, MACmillan, New York.

Ronny Hanitijo Soemitro, 2019. Metode Penelitian Hukum dan Yurimetri, Ghalia, Jakarta.

Ryaas Rasyid, 2020, Makna Pemerintahan, Tinjauan Dari Segi Etika dan Kepemimpinan, Mutiara Sumber Widya, Jakarta.

Sedarmayanti, 2014, “Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi”, Mandar Maju, Jakarta.

Sedarmayanti, 2020, Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi untuk Menghadapi Dinamika perubahan Lingkungan, CV.Mandar Maju, Bandung.

Soerjono Soekanto, 2019, Pengantar Penelitian Hukum, UI Press, Jakarta.

Soetendyo Wignjosoebroto, 2022, Hukum, Paradigma, Metode dan Dinamika Masalahnya, Elsam dan Huma, Jakarta.

Suyadi Prawirosentono, 2019, Manajemen S.D.M Kebijakan Kinerja Karyawan, BPFE, Yogyakarta.

Jurnal

Aris Sofianto, Inovasi Manajemen Pemeritahan Berbasis Aplikasi Digital di Provinsi Jawa Tengah, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jawa Tengah, Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 3(2), 99-108.2019, https://doi.org/10.21787/mp.3.2.2019.99-108 diakses 2 Januari 2023.

Mety Aspalinda, 2021, Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun (Studi Kasus Pada Pelayanan Akta Kelahiran), Jurnal Jurusan Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Riau Kampus Bina Widya Km.12,5 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293, Tahun 2021.

Robi Cahyadi Kurniawan, 2020, Tantangan Kualitas Pelayanan Publik Pada Pemerintah Daerah, Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Lampung.

Undang-Undang

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2012 Pasal 22 tentang Pelayanan Publik;

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik;

Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 2 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik;

Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 12 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

Peraturan Bupati Kudus Nomor 20 Tahun 2011 tentang Tata Kerja Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Kabupaten Kudus




DOI: https://doi.org/10.24176/sk.v24i1.11320

Article Metrics

Abstract views : 29| PDF views : 10 PDF views : 5

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

 

View My Stats