DIGITALISASI BIROKRASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP ETIKA PEJABAT PUBLIK

Bita Gadsia Spaltani

Abstract


Meningkatnya korupsi di ranah birokrasi dari tahun ke tahun harus terus dilakukan berbagai upaya pencegahan maupun penanggulangannya. Digitalisasi birokrasi dinilai dapat menjadi suatu upaya  perubahan dalam rangka memberantas kejahatan korupsi dari berbagai aspek. Jangan sampai digitalisasi justru menjadi celah kecurangan untuk mengotak-atik sistem yang sebenarnya ditujukan dalam rangka memperbaiki kualitas pelayanan publik itu sendiri. Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisa apa saja bentuk-bentuk digitalisasi birokrasi dan mendeskripsikan seberapa besar dampak digitalisasi birokrasi terhadap pembenahan etika pejabat publik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan menekankan pada etika birokrasi, substansi peraturan perundang-undangan, dan diskresi dalam bingkai statute approach dan conceptual approach.  Hasil pembahasan dalam penelitian ini antara lain: (1) Birokrasi digital sebagaimana sering disebut sebagai e-government merupakan sarana pemerintah dalam memanfaatkan peran teknologi informasi dan komunikasi dan mengkolaborasikannya dengan penyediaan layanan pemerintah dimana masyarakat mendapatkan akses kemudahan dalam mengurus kepentingan mereka. Namun adanya percepatan dalam mendorong transformasi digital ini perlu diimbangi dengan kesiapan pemerintah dalam menghadapi segala tantangan dan hambatan yang muncul di kemudian hari, diantaranya adalah  kultur, kolaborasi, dan perkembangan teknologi. (2) Hasil pilihan moral yang dipelajari etika berdasarkan analisa kritis menjadi moral individu atau moral sosial dalam lingkup masyarakat. Pilihan-pilihan moral yang diambil berdasarkan proses kajian yang berbeda dalam hal kualitas.  Moral yang diambil atas dasar kesadaran menjadi pertimbangan yang dijadikan pedoman atau pandangan hidup. Dalam pengambilan keputusan, pejabat pemerintah harus dapat tunduk pada aturan perundang-undangan sekaligus tidak melakukan praktik nir-etika.

Keywords


birokrasi digital, etika pejabat publik, moralitas, digitalisasi birokrasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggara Wisesa, “Integritas Moral dalam Konteks Pengambilan Keputusan Etis,” Jurnal Manajemen Teknologi, Vol.10, No.1, (2011)

Depri Liber Sonata, “Metode Penelitian Hukum Normatif dan Empiris: Karakteristik Khas dari Metode Meneliti Hukum,” Fiat Justisia Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 8, No.1, (Januari-Maret, 2014)

FX. Warsito Djoko, “Etika Moral Berjalan, Hukum Jadi Sehat,” Jurnal Binamulia Hukum, Vol. 7, No. 1, (Juli, 2018)

Imran Muhammad, “Moralitas dalam Perjalanan Sejarah Islam,” Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, Vol. 10, No. 4, (Januari-Maret, 2020)

Inas Tasya, Melinia, dan Ali, “Transformasi Birokrasi Digital di Masa Pandemi Covid-19 untuk Mewujudkan Digitalisasi Pemerintahan Indonesia,” Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, Vol. 4, No.2, (September, 2021)

Kadek Wiwin dan Putu Eka, “Transformasi Birokrasi Digital di Masa Pandemi Covid-19 Guna Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan,” Jurnal Cakrawarti, Vol. 6, No.1, (Februari-Juli, 2023)

Kornelius Benuf dan Muhammad Azhar, “Metodologi Penelitian Hukum sebagai Instrumen Mengurai Permasalahan Hukum Kontemporer,” Jurnal Gema Keadilan, Vol. 7, Edisi I, (Juni, 2020)

L Winarni, “Pengembangan Birokrasi Digital di Indonesia,” Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora, (September, 2019)

Mulyo Wiharto, “Etika,” Jurnal Forum Ilmiah Indonusa, Vol. 4, No. 3, (September, 2007)

Piers Andrea Noak, “Digitalisasi Birokrasi dalam Wilayah Publik dan Masyarakat Sipil Menyongsong Pemilu Tahun 2024,” Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika, (2022)

Ridwan Syam, Atma Ras, dan Andi Yusuf, “Kesiapan dan Kendala Transformasi Birokrasi Digital di Pedesaan,” Jurnal Sosiologi Nusantara, Vol. 9, No. 1, (2023)

Rizqi B., Dewi L., Hanna E., Naghma S., “Birokrasi Digital:Studi tentang Partisipasi dan Kesiapan Masyarakat,” Journal of Governance and Social Policy, Vol.1, No.2, (Desember, 2020)

Samsul Susilawati, “Pembelajaran Moral dan Pemahaman Nilai (Pendekatan Developmental-Kognitif terhadap Pendidikan Moral),” Jurnal Madrasah, Vol.2, No.2, (Januari-Juni, 2009)

Suyatno, “Nilai, Norma, Moral, Etika, dan Pandangan Hidup Perlu Dipahami Oleh Setiap Warga Negara dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara,” Jurnal PKN Progresif, Vol. 7, No.1, (Juni, 2012)

Wawan, Yeby Ma’asan, “Etika Pejabat Publik dan Kualitas Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tangerang,” JSPG: Journal of Social Politics and Governance, Vol. 2, No. 1, (Juni, 2020)

Website

www.menpan.go.id




DOI: https://doi.org/10.24176/sk.v25i1.13353

Article Metrics

Abstract views : 37| PDF views : 23

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

Flag Counter

 

View My Stats