PENYELESAIAN DAN UPAYA MENEKAN JUMLAH PEMBIAYAAN BERMASALAH (NON PERFORMING FINANCING/NPF) PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG KUDUS

Alfi Maghfiroh
Suparnyo Suparnyo
Dwiyana Achmad H

Abstract


Penelitian yang berjudul “Penyelesaian dan Upaya Menekan Jumlah Pembiayaan Bermasalah (Non Performing Financing/NPF) pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kudus” ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab pembiayaan bermasalah, upaya untuk meminimalisasi/menekan pembiayaan bermasalah dan penyelesaian pembiayaan bermasalah pada Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Cabang Kudus. Metode pendekatan yang digunakan yaitu yuridis sosiologis. Teknik pengumpulan data dengan data primer dan data sekunder. Setelah data diperoleh, disusun dan dianalisis secara sistematis. Hasil penelitian diperoleh bahwa faktor penyebab pembiayaan bermasalah pada BSM Kantor Cabang Kudus karena ekonomi makro (inflasi), kegagalan bisnis, dan internal nasabah. Upaya untuk menekan/meminimalisasi pembiayaan bermasalah dengan pendekatan analisis pembiayaan, prinsip analasis pembiayaan terdiri 5C dan prinsip syariah. Penyelesaian pembiayaan bermasalah dilakukan melalui penagihan, restrukturisasi, dan pengambilalihan agunan.

Keywords


Penyelesaian;Pembiayaan Bermasalah;BSM Cabang Kudus

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Muhammad, 2005, “Manajemen Bank Syariah”, Yogyakarta, UPP AMP YKPN.

Muhammad Syafi‟i Antonio, 2001,“Bank Syariah: dari Teori ke Praktik”, Jakarta, Gema Insani.

Veithzal Rivai dan Andria Permata Veithzal, 2006, “Credit Management Handbook: Teori, Konsep, Prosedur, dan Aplikasi Panduan Praktis Mahasiswa, Bankir, dan Nasabah”, Jakarta, PT. Raja Gafindo Persada.

Zainul Arifin, 2006, “Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah”, Jakarta,Pustaka Alvabet, cet. IV.

M.F. Hidayatullah, 2014, “Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Di Bank Syariah”, Interest, STAIN Jember Jurusan Syariah, Volume 12, Nomor 1.

http://www.ojk.go.id/id/, diakses pada 11 November 2017 pukul 20.04 WIB.




DOI: https://doi.org/10.24176/sk.v18i2.3204

Article Metrics

Abstract views : 906| PDF views : 707

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

 

View My Stats