ANALISIS PROSPEKTIF PILKADA PASCA PUTUSAN GUGATAN DI MAHKAMAH KONSTITUSI (Studi Kasus Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Jepara dan Pati)

Ris Andy Kusuma
Subarkah Subarkah
Suparnyo Suparnyo

Abstract


Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Jepara dan Pati telah usai. Hasilnya pasangan calon yang kalah di Kabupaten Jepara mengajukan proses permohonan pembatalan Penetapan Perolehan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jepara di Mahkamah Konstitusi (MK). Relawan kotak kosong di Kabupaten Pati juga sama mengajukan permohonan pembatalan Penetapan Perolehan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pati di MK. Untuk itu, penelitian ini mendeskrispsikan proses munculnya permohonan dan proses pengajuan permohonan serta menganalisa prospektif pasca putusan permohonan Perselisihan Hasil Pemilu (PHP) di MK untuk mendukung proses demokratisasi. Pendekatan penelitian ini adalah yuridis empiris, yaitu dengan menganalisis permasalahan dengan cara memadukan bahan-bahan hukum dengan data primer yang diperoleh di lapangan. Sasaran penelitian adalah komisioner KPU, komisioner Bawaslu, pasangan calon bupati dan wakil bupati, anggota tim sukses, pengurus partai politik pengusung, dan relawan Kotak Kosong.

Keywords


Permohonan;Pilkada;Prospektif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Islamy, M. Irfan. 2000. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Cetakan Ke-6. PT Bumi Aksara Jakarta

Keban, Yeremias T. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori dan Isu. Gava Media. Yogyakarta

Ndraha, Taliziduhu. 1990. Pembangunan Masyarakat Mempersiapkan Masyarakat Tinggal Landas. Cetakan ke-2. Rineka Cipta. Yogyakarta.

Parsons, Wayne. 2005. Public policy: Pengantar Teori dan Praktik Anlisis Kebijakan. Penerjemah Tri Wibowo Budi santoso. Kencana. Jakarta.

Slamet, Y. 1993. Pembangunan Masyarakat Berwawasan Partisipasi. Sebelas Maret University Press. Surakarta.

Sorensen, Georg. 1993. Demokrasi dan Demokratisasi. Penerjemah I made Krisna. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Thoha, Miftah. 2002. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Cetakan ke-6. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Winarno, Budi. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. MedPress. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.24176/sk.v19i2.3225

Article Metrics

Abstract views : 255| PDF views : 1335

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter